Beranda Makassar Pasar Tumpah Meresahkan, PD Pasar Makassar Beri Himbauan Larangan Menjual di Rajawali...

Pasar Tumpah Meresahkan, PD Pasar Makassar Beri Himbauan Larangan Menjual di Rajawali 10

HERALDMAKASSAR.COM – Dalam rangka menindak lanjuti keluhan warga di jalan. Rajawali, lorong 10, Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. Terkait keberadaan pasar tumpah yang kian hari makin bertambah dan dianggap sudah menutupi badan jalan, maka PD Pasar Makassar bersama jajaran Kelurahan dan Satpol PP kecamatan Mariso, Selasa (20-10-2020) memasang spanduk Himbauan larangan berjualan di badan jalan di jalan Rajawali lorong 10.

Kegiatan ini dilakukan setelah beberapa kali pertemuan antara pengelola pasar Lette, pihak kelurahan Lette dan pihak PD Pasar Makassar.

Dalam beberapa pertemuan tersebut salah seorang perwakilan warga mengutarakan bahwa selama keberadaan PK5 yang mulai berjejer disepanjang jalan Rajawali lorong 10, warga jadi terganggu karena akses jalan mereka tertutupi oleh PK5.

“Saya sangat keberatan selaku warga. saya setengah mati kalau mau lewat. Makin kesini makin banyak pedagang, lama-lama sudah sampai depan rumahku. Lagi pula itu kan bukan pasar yang mereka tempati jualan tapi jalanan.” Ujar Hasni warga lorong 10 jalan Rajawali.

“Tidak diminta-minta kalau ada musibah kebakaran, apa mau dilakukan. Belum lagi kalau ada hajatan, pengantin kita mau lewat kemana? Kalau kita tegur mereka yang lebih marah. Andai ada jalan lain pak, biar digajika tidak bakalan saya mau lewat situ, cari ribut ji.” Ungkap Hasni.

Sementara Kepala Kelurahan Lette, Muhammad Jausy menyarankan agar pedagang yang menyalahi aturan segera memperbaiki lapak dagangannya.

“Tabe, aturki dagangan ta dengan baik. Jangan ambil badan jalan dan tendanya yang keluar ke jalan harap dibongkar.” tegur Jausy kepada pedagang dengan pengawalan Satpol PP dari Kecamatan Mariso.

Hadir dalam sosialisasi itu, Kasubag Penertiban dan Kebersihan PD Pasar, Abdul Latif Mansyur dan kepala Pembinaan PK5, Malik. Serta sejumlah staf penertiban.

Kehadiran staf penertiban PD Pasar ini sekedar memastikan bahwa PK5 yang berada di badan jalan itu bisa difasilitasi perpindahannya ke dalam pasar untuk mengisi los yang masih kosong.

“Kami hadir di sini sekedar mengawal kebijakan pemerintah terkait penertiban PK5 yang ada di jalan. Karena ini ranahnya kelurahan. Bukan ranah pasar.” ujar Abdul Latif.

Sebelumnya dijelaskan sudah ada pertemuan terkait rencana penertiban ini. Dan dihadiri oleh instansi terkait yakni dari Satpol PP, PD Parkir, PD Pasar, Lurah Lette, Camat Mariso, Pengelola pasar Lette dan perwakilan warga.