Beranda Headline News 1 Mei Jumlah Positif Corona Capai 10.551 Orang

1 Mei Jumlah Positif Corona Capai 10.551 Orang

Achmad Yurianto

HERALDMAKASSAR.com – Memasuki 1 Mei hari ini, jumlah kasus positif virus Corona COVID-19 di Indonesia terus menanjak. Per hari ini, telah mencapai 10.551 orang terkonfirmasi positif, atau mengalami peningkatan sebanyak 433 dibanding Kamis kemarin.

Sementara, jumlah pasien yang sembuh mencapai 1.591 sembuh, dan 800 meninggal dunia.

“Ada penambahan kasus baru sebanyak 433 sehingga total menjadi 10.551 kasus,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto, di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat.

Selanjutnya, kata Yuri, untuk kasus meninggal juga terus bertambah. Tercatat ada penambahan 8 kasus baru, sehingga total 800 kasus meninggal.

“Sementara kasus sembuh bertambah 69 kasus, sehingga total menjadi 1.591 orang sembuh,” ujarnya.

“Data ini adalah gambaran yang nyata, bahwa penularan virus corona masih terus terjadi di tengah-tengah masyarakat kita. Maka itu, kami minta masyarakat jangan mudik, karena di perjalanan sangat rawan. Kita tidak tahu siapa di antara kita yang terinfeksi tanpa gejala,” tegas Yuri.

Data ini merupakan hasil dari pemeriksaan terhadap 76.538 orang dengan menggunakan PCR (polymerase chain reaction) atau RT-PCR (real time polymerase chain reaction), di 89 Laboratorium se-Indonesia.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 22.123 orang dan 233.120 berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kasus corona ini tersebar di 318 kabupaten/kota di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Dari jumlah total positif itu, hampir setengahnya ada di DKI Jakarta.

Yuri, lantas kembali menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah penularan corona. Karena, pemutusan kasus ini sangat bergantung pada kedisipilinan masyarakat.

(HM)