Beranda Sulsel SPAMS Gratiskan Air untuk Warga Sulsel Selama Pandemi Covid-19

SPAMS Gratiskan Air untuk Warga Sulsel Selama Pandemi Covid-19

HERALDMAKASSAR.com – Masyarakat Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar bakal menikmati air bersih secara gratis selama berlangsungnya pandemi Covid-19 atau wabah virus Corona.

Ketua Asosiasi Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Anging Mammiri Provinsi Sulsel dan SPAMS Tirta Lontara Makassar, Husni Mubarak menyebut pihaknya turut andil dalam membantu masyarakat.

Menurut dia, kurang lebih 430 kepala keluarga (KK) yang masuk di wilayah di kecamatan Manggala akan diberi fasilitas pembebasan sementara tarif retribusi air. Kebijakan ini bertujuan meringankan beban mereka.

“Untuk di wilayah saya ada sekitar 430 kartu keluarga dengan jumlah kumulatif ada ribuan jiwa. Kami turut andil menggratiskan air kepada pelanggan selama wabah Covid-19 ini berlangsung ditengah masyarakat,” terang Husni, Sabtu (18/4/2020).

Untuk di seluruh Sulawesi Selatan sendiri, khususnya di Kota Makassar, Husni memastikan juga akan menggratiskan air yang menjadi cakupan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

“Kalau di Sulawesi Selatan ada 1.280 titik, berarti kurang lebih setengah juta penduduk Sulawesi Selatan ini berada di cakupan PAMSIMAS. Khusus untuk kota Makassar saya pastikan gratis, saya akan coba surati ke asosiasi di 22 kabupaten untuk gratiskan air kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami kan tidak punya pertanggungjawaban untuk APBD atau APBN, kami hanya bertanggungjawab kepada masyarakat dan Tuhan, jadi betul-betul untuk kemanusiaan. Karena modal kami hanya listrik, dan air baku kami ini dipasok dari tanah,” demikian Husni.