Beranda Nasional Corona Effeck, Rupiah Tembus 15.049 per Dolar AS

Corona Effeck, Rupiah Tembus 15.049 per Dolar AS

ilustrasi virus. int

HERALDMAKASSAR.com, – Dampak merebaknya virus Corona di beberapa belahan dunia, berimbas pada perekonomian, hal ini terjadi pergerakan nilai mata uang rupiah.

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat seiring dengan penyebaran Virus Corona yang mulai melanda Indonesia.

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters pada hari Senin (16/3/2020) nilai tukar rupiah atas Dolar AS melemah mencapai pada level 14.710 hingga 15.049 Rupiah.

Penguatan terhadap Dollar AS ini cukup signifikan sejak awal bulan Maret 2020 atau sejak pemerintah Indonesia mengumumkan pasien pertama yang positif terjangkit virus Corona(Covid-19). Sementara sentimen harga minyak dunia turun drastis. Bertambah pasienn virus Corona di Indonesia sangat berpengaruh terhadap pergerakan rupiah.

Sebelumnya pada medio Oktober 2019 rupiah pernah berada pada level 15.000 terhadap Dollar AS. Meski begitu rupiah sendiri masih kuat ditekan oleh yen Jepang, franc Swiss, dan euro. Dan unggul terhadap won Korsel, peso Filipina, dan baht Thailand.

 

(M MARUF)