Beranda Headline News Begini Kenangan Eks Demonstran AMPD Atas Meninggalnya Prof Radi A Gani

Begini Kenangan Eks Demonstran AMPD Atas Meninggalnya Prof Radi A Gani

HERALDMAKASSAR – Di mata aktifis Mahasiswa era 98, sosok Prof Radi A Gany, mantan Rektor Unhas era 1997 – 2006, adalah sosok yang patut dijadikan suri tauladan.

Akbar Endra, Koordinator Aliansi Mahasiswa Pro Demokrasi AMPD), salah satu organ gerakan yang paling aktif di era reformasi, bahwa AMPD punya kesan yang dalam terhadap Prof Dr Ir Radi A Gany, ketika beliau menjabat Rektor.

Menurur mantan Anggota DPRD Maros ini, Prof Radi A.Gany adalah bapak para aktifis 98, di Unhas. “Prof kerap mengundang mahasiswa di ruangannya, baik ketika menjadi PR 1 maupun ketika menjabat Rektor Unhas, beliau sering menanyakan gagasan aktifis terhadap perkembangan mutakhir bngsa ini di era transisi demokrasi,” kata Akbar.

Akbar Endra juga mengenang, bahwa Professor ahli pertanian itu pernah mendorong Akbar Endra dan kawan-kawan mendirikan Tabloid Aliansi Tahun 1998. Akbar Endra menjadi Pemred Tabloid tersebut, Prof Radi A Gany menjadi penasehatnya.

“Almarhum percaya bahwa demokrasi itu ditandai dengan adanya kebebasan pers. Tanpa kebebasan pers, kita sulit mewujudkan agenda demokrasi! ” kata Akbar mengenang Pesan dan kesanbya terhadap Prof Radi A Gany itu.

Akbar ingat, pesan itu disampaikan Prof Radi A Gany ketika beliau baru saja menjabat sebagai Rektor Unhas, 1997.

(***)