Beranda Makassar Komisi B Minta Seluruh Camat Maksimalkan Retribusi Sampah

Komisi B Minta Seluruh Camat Maksimalkan Retribusi Sampah

HERALDMAKASSAR.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo, meminta kepada seluruh Camat di Kota Makassar agar memaksimalkan potensi terhadap retribusi sampah di wilayahnya masing-masing.

“Saya harap ini harus kita bisa melakukan pengawasan, apakah target itu sudah maksimal atau belum,” kata Hasanuddin Leo di Ruang Komisi B Kantor DPRD Kota Makassar, Selasa (27/8/2019).

Lebih lanjut ,dia menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi salah satunya ialah minimnya armada, minimnya armada yang beroperasi di seluruh kecamatan membuat pelayanan menjadi belum optimal.

“Di pandangan fraksi saya juga utarakan bahwa itu armada harus dilengkapi dengan biaya operasional dengan drivernya karena akan menjadi besi tua kalau itu disimpan saja,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta kepada seluruh Camat di Makassar agar menyelesaikan persoalan ini sampai ke akar-akarnya, mulai dari jumlah produksi sampah diwilayahnya, sehingga hal ini menjadi indikator berapa armada yang ideal dibutuhkan ditiap kecamatan.

“Saya sudah juga sampaikan sesuai dengan standar Bappenas. Setiap manusia yang tinggal di kota itu 2,5-3 liter produksi sampahnya per orang, estimasi ini berlaku untuk pengelolaan persampahan diseluruh Indonesia,”ungkapnya

“Kalau kita sudah mengetahui berapa jumlah Keluarga, berapa orang yang menghasilkan jumlah sampah, maka tentunya armada yang dibutuhkan jelas,” pungkasnya.