Beranda Makassar Peringati HUT RI, Pria di Makassar Ini Kenakan Pakian Adat Saat Jual...

Peringati HUT RI, Pria di Makassar Ini Kenakan Pakian Adat Saat Jual Bakso

HERALDMAKASSAR.com – Semangat merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ditunjukkan oleh penjual bakso yang satu ini. Namanya, Sahabuddin, pria asal Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Sahabuddin menjajakan dagangannya dengan mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar dan seluruh gerobak yang ia namakan “Gerobak Merdeka” dihiasi dengan pernak-pernik bernuansa kemerdekaan indonesia dan budaya khas sulawesi selatan.

Ide unik itu sengaja dimunculkan untuk membangkitkan jiwa dan semangat anak muda agar mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan republik indonesia menjunjung tinggi adat dan budaya Bugis-Makassar.

“Saya sudah bikin memang ini sudah jauh hari, untuk membangun juga motivasi anak muda di zaman sekarang ini. Karena kurang lebih tidak adami yang peduli ciri khas ta sebagai orang bugis-makassar,” ujarnya kepada awak media, Jum’at (16/8/2019).

Dia mengatakan, gerobak bakso merdeka miliknya sudah berjalan sudah sepekan terakhir dan mengelilingi sejumlah rute untuk menjajakan dagangannya seperti di Jalan Bhayangkara, manunggal, kumala, mappaodang, cendrawasih bajiminasa, baji gau dan beberapa gang sempit.

gerobak ini dihiasi dengan pernak-pernik khas sulawesi selatan seperti pa’dinging/ saraung atau topi petani kapal phinisi dan badik bahkan selama menjajakan dagangan bakso merdeka selama sepekan ini ia sengaja mengenakan pakaian tradisional adat bugis-makassar.

sejumlah warga yang melihat penampilan unik sahabuddin pun langsung tertarik dan membeli bakso miliknya yang rasanya tak kalah enak dengan beberapa penjual bakso lainnya di kota makassar yang dijual dengan harga Rp10 ribu rupiah per-mangkok.

Ia mengungkapkan gerobak bakso merdeka itu sengaja diberi hiasan kapal phinisi dan badik untuk untuk mengenalkan budaya bugis-makassar menurutnya lewat momen kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun ini perlu untuk mengingatkan ke anak muda makassar untuk menjunjung tinggi adat dan budaya bugis-makassar.