Beranda Sulsel Sulsel Jadi Tuan Rumah Pameran Indogreen Environment dan Forestry KLHK

Sulsel Jadi Tuan Rumah Pameran Indogreen Environment dan Forestry KLHK

HERALDMAKASSAR.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono membuka secara resmi pameran Indogreen Environment dan Forestry Expo 2019 di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Kamis (4/4).

Acara ini dihadiri Walikota, Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, dan Presiden Direktur PT. Wahyu Promo Citra, Tim TGUPP.

Ketua Panitia penyelenggara M Sukur Sakka juga mengemukakan bahwa dengan adanya pameran tersebut dapat berdampak positif dengan perkembangan ekonomi di suatu daerah dan kiranya pihak provinsi Sulsel dapat memberikan tempat yang respentatif dengan fasilitas yang memadai untuk penyelenggaraan pameran yang berskala Nasional dan Internasional karena Makassar adalah tempat yang layak untuk di kembangkan.

“Alhamdulillah pemerintah provinsi Sulsel bapak Gubernur Sulsel sangat menyambut baik diselenggarakan pameran tersebut,” ucap M Sukur Sakka.

Pameran yang diadakan ke-11 kalinya ini memilih kota anging mamiri sebagai tuan rumah. Pasalnya, menurut Bambang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) optimis terhadap program rehabilitasi hutan di Sulsel pada tahun 2019.

“Kita tunggu komitmen Pemprov Sulsel, dan bagaimana hulu, taman nasional, gunung dan hutan lindung tolong dikembalikan ke posisi semula,” kata Bambang dalam sambutannya.

Sementara itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta para panitia yang telah memilih Makassar sebagai tempat penyelenggaraan 11 tahun Indogreen Environment and Forestry Expo 2019 di CCC ini.

Andi Sudirman juga menambahkan jika dirinya optimis Pemprov Sulsel dapat menjadikan rehabilitasi Sungai Jeneberang seperti Sungai Citarum yang ada di Provinsi Jawa Barat.

“Saya yakin dengan kepemimpinan sekarang, kita bisa menjadikan sungai citarum, satu kali sentuhan lagi kita bisa lakukan itu juga seperti Sungai Walanae dan Sungai Jeneberang,” ungkapnya.

Untuk itu, Andi Sudirman meminta sinergi seluruh instansi terkait. Seperti, Kementrian dan Dinas Kehutanan.

Apalagi, Pemprov Sulsel telah membentuk tim rehabilitasi Sungai Jeneberang dan Gunung Bawakaraeng yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

“Saya rasa kesempatan ini saya masih sangat percaya. Kita mau Sulsel, kembali hijau. Kami butuh dari kementrian dan lembaga instansi terkait, kita harus lakukan dengan kesadaran,” jelasnya.

Diketahui, pameran tersebut melibatkan ratusan booth dari seluruh Indonesia. Karya hasil inovasi instansi dan masyarakat lokal juga turut dipamerkan seperti komoditi kopi asal Rumbia dan Kahayya.