Beranda Makassar Sumarsono Dorong Cinta Tanah Air Melalui Kementerian Pertahanan

Sumarsono Dorong Cinta Tanah Air Melalui Kementerian Pertahanan

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menerima kunjungan Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan (PKP) RI di Prov Sulsel, Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Kamis, (26/7). Ia didampingi oleh Staf Utama PKP Provinsi Sulsel Kolonel Sus Andi Arman.

Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait pertahanan dan keamanan serta terkait bela negara.

“Saya ingin bela negara jangan pakai cara tradisional, ada cara-cara baru. Saya juga ingin rasa cinta tanah air ini ditumbuhkan,” kata Sumarsono.

Ia mengatakan, dalam menumbuhkan cinta tanah air, juga bisa dilakukan dan melalui baris berbaris, pendekataan lain adalah saat lagu Indoneisa Raya dikumandangkan misalnya, agar dinyanyikan dengan penuh penjiwaan, menghentikan aktvitas lain.

“Sikap bediri kita sebagai bentuk menghormati simbol negara,” sebutnya.

Dalam pertemuan ini juga dibahas bagaimana menangani dan menaggulangi radikalisme.

Sementara itu, Brigjen TNI Wahyu, mengapresiasi konsen Gubernur terhadap bela negara di Sulsel.

“Beliau sangat konsen terhadap pembinaan bela negara di Sulsel. Ia juga menawarkan suatu konsep bagaimana pembinaan bela negara sampai dengan gross root (akar rumput),” sebutnya.

Sebuah bentuk aplikasi yang lebih praktis dan mudah diterapkan di daerah ini akan dilakukan. Kerjasama ini dengan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, Dinas Pendidikan Sulsel, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, PUPR, dan Bagian Pemerintahan Provinsi Sulsel.

“Kita akan membuat satu tim dalam rangka bergotong royong membangun bangsa ini. Yang paling spesifik adalah penguatan dibidang ideologi,” ujarnya.

Bentuk kegiatannya kata dia, masih dikonsepkan.

Penguatan bela negara ini hadir bukan karena kondisi negara tidak stabil, justru Ia mengatakan terlihat dari Pilkada dan beberapa event nasional.

Bangsa Indonesia harus tetap memberi penguatan, sehingga Kementerian Pertahanan hadir untuk memberikan penguatan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka bela negara.

“Saya akan mati-matian bekerja untuk membantu pemerintah daerah Sulsel, kemudian, termasuk pengelolaan ruang wilayah pertahanan,” jelasnya. (rilis/pojoksulsel)