Beranda Olahraga PSM Makassar Pertahankan Striker Mandul

PSM Makassar Pertahankan Striker Mandul

Bruce Djite

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – PSM Makassar tidak melakukan pembelian pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2018. Termasuk memertahankan striker asing yang masih mandul, Bruce Djite.

Djite bisa dibilang striker terburuk yang pernah didatangkan Robert Rene Alberts di PSM. Sebelumnya, pelatih asal Belanda mendatangkan Luiz Ricardo, Reinaldo da Costa, dan Pavel Purishkin.

Luiz Ricardo direkrut pada putaran kedua turnamen ISC 2016. Kala itu, eks Sao Paolo langsung klop dengan PSM dengan menorehkan 4 gol pada tiga laga perdananya. Sayang, dia kemudian harus absen lama karena cedera akibat tekel dari bek Perseru, Boman Irie Aime.

Meski sempat comeback manis dengan mencetak satu gol melawan Persegres, striker asal Brasil ini kemudian dicoret pada penghujung musim.

PSM kemudian mendatangkan Reinaldo da Costa pada awal musim Liga 1 2017. Penampilan striker berpaspor Australia ini cukup menjanjikan dengan menorehkan 9 gol dari 13 pertandingan. Sayang, performanya dinilai menurun pada penghujung putaran pertama.

Reinaldo kemudian didepak dan digantikan Pavel Purishkin. Striker asal Uzbhekistan ini juga hanya bermain setengah musim. Ia tampil kurang memuaskan dengan koleksi 4 gol dari 13 penampilannya pada putaran kedua Liga 1 2017.

Perlu diketahui, ketiga striker ini adalah rekomendasi langsung Robert Alberts. Begitupun dengan Djite yang langsung direkrut tanpa melalui tahap seleksi. Meski masih mandul dari 9 laga, Djite lebih beruntung dibanding ketiga pendahulunya.

Eks Suwon FC masih tetap dipertahankan untuk putaran kedua Liga 1 2018 karena dua alasan. Pertama masalah finansial dan kedua, Robert masih memberi waktu mengembalikan performanya pasca diterpa cedera panjang di awal musim.

“Evaluasi itu bukan berdasarkan gol saja. Namun jika pemain tidak bermain selama 6 bulan setidaknya kalian fairlah untuk memberikan dia waktu menyesuaikan diri,” kata Robert belum lama ini.

“Kita bukan klub yang langsung bisa mengganti pemain. Kita bermain dengan segala keterbatasan kita dan di tim-tim sebelumnya juga dia tidak bermain banyak namun dia bisa tunjukkan bahwa dia bisa bermain fantastis,” belanya.

(is/pojoksulsel)