Beranda Ekbis Kisah Dadang Mulya, 6 Tahun Jadi Model Bungkus Rokok Tanpa Royalti

Kisah Dadang Mulya, 6 Tahun Jadi Model Bungkus Rokok Tanpa Royalti

POJOKSULSEL.com – Siapa model bungkus rokok ayah menggendong bayi sambil merokok tersebut? Banyak yang menanyakan hal itu, namun baru terkuak setelah 6 tahun lamanya.

Model bungkus rokok itu ternyata bernama Dadang Mulya, warga Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Namun, bintang bungkus rokok fenomenal itu tak menyangka jika foto bersama bayinya, Rizki Indriawan, tersebar luas terpampang di seluruh bungkus rokok dari berbagai jenis dan merek.

Kejadian pengambilan foto bersama bayinya dilakukan secara tiba-tiba oleh orang tak dikenal pada 2012 lalu. Saat itu, Dadang sedang mengajak main anaknya di lapangan bola Desa Pancalang.

Sewaktu sedang merokok sambil menggendong Rizky yang waktu itu masih berusia sekitar lima bulan, tiba-tiba dari dalam mobil dirinya difoto dengan pose menyemburkan asap dekat bayinya.

“Waktu itu saya heran, ada yang memfoto diam-diam dari mobil. Kejadiannya sedang menonton bola di Desa Pancalang, ngajak anak jalan-jalan. Saya pun cerita kepada istri saya kalau ada yang ambil foto,” ujarnya, Selasa (24/7/2018).

Sekitar dua bulan setelah difoto oleh orang tak dikenal, Dadang pun kaget bercampur bangga. Sebab foto dirinya menghiasi bungkus-bungkus rokok di Indonesia.

Kendati demikian, Dadang merasa sedih karena pengambilan fotonya itu tidak melalui konfirmasi atas seizinnya. Apalagi, kepentingan pengambilan foto itu untuk kepentingan model imbauan bahaya merokok.

Tak hanya itu, Dadang merasa kecewa karena selama enam tahun tidak ada royalti atau kompensasi. “Waktu itu sedang merokok, tiba-tiba ada mobil yang menyetop sekitar 10 menit. Kemudian difoto, setelah itu pergi gitu saja,” ungkap Dadang.

Model bungkus yang sebenarnya pekerja serabutan itu mengaku sempat bercerita kepada tetangga dan aparat desa setempat. Namun, kebanyakan dari mereka sempat tak percaya, bahkan tak menggubris kejadian tersebut.

Hal itu membuatnya pasrah dan tidak mau memikirkan lagi kejadian pengambilan foto yang berujung menjadi model bungkus rokok itu.

“Saya ingin perhatian hak saya oleh pihak yang berwajib memasang foto saya di bungkus rokok,” tuntut Dadang.

(is/jpc/pojoksulsel)