Beranda Sulsel Pemda Lutra Dapat Bantuan Sapi, Bupati Indah Turun Cek Kandang Peternakan

Pemda Lutra Dapat Bantuan Sapi, Bupati Indah Turun Cek Kandang Peternakan

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, bakal menerima bantuan 250 ekor Sapi Brahman Cross, jenis Sapi Australia.

Bantuan ini melalui Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018.

Sebagai bentuk persiapan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, turun langsung ke lokasi peternakan, di Bukit Simbolong Desa Sumillin, Kecamatan Masamba.

Disana, Bupati Indah didampingi intansi terkait lalu di bantu warga sekitar bersama sama membuat Gateway Ranch peternakan sapi. Hal itu dilakukan Indah sebagai bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam menyambut bantuan sapi produktif.

“Pada Agustus mendatang akan didatangkan 250 ekor sapi brahman cross yang diperkirakan hamil 5 bulan. Kita turun mengecek kondisi lokasi yang di jadikan tempat pembibitan,” ungkap Indah Putri Indriani.

Dia mengungkapkan, hampir setiap saat Dinas Kesehatan Hewan (Keswan) turun ke lokasi bergotong royong mempersiapkan segala kebutuhan sapi tersebut, termasuk persiapan lahan yang cukup luas dan memadai

“Ya, setiap hari kurang lebih 100 orang dari Disnak Keswan datang bergotong-royong untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan sapi bantuan ini. Lokasi yang kita siapkan seluas 1.000 hektar, dengan rincian 250 hektar untuk lokasi ternaknya dan 750 hektar untuk pakannya,” urai Indah.

Kepala Disnak Keswan, Adriyani Ismail, mengaku, pihaknya selaku pemerintah daerah telah siap menerima bantuan tersebut. Sejumlah persiapan telah dilakukan pihaknya, termasuk penanaman padangan seluas 41 hektar.

“Pembuatan kandang penampungan dan penanganan serta gudang pakan juga kita sudah siapkan. Kantor dan Mess serta Pos Siaga juga ada. Mess ini nantinya akan ditempati petugas sebanyak 8 orang,” ungkap Adriyani (LH/HMS/pojoksulsel)