Beranda Sulsel Pj Gubernur Sampaikan Seruan Sapa Toraja untuk Eksplorasi Pariwisata

Pj Gubernur Sampaikan Seruan Sapa Toraja untuk Eksplorasi Pariwisata

POJOKSULSEL.com, TORAJA UTARA – Kebudayaan dan keindahan alam Toraja telah menjadi paket pariwisata yang dikenal sampai ke kancah internasional.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Pj wisatawan mancanegara yang ke Toraja pada tahun 2017 sebanyak 17.719. Atau meningkat 5,08 persen dari jumlah kunjungan wisman pada 2016 yang berjumlah 16.862.

Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono yang hadir pada perayaan Puncak HUT ke-10 Kabupaten Toraja Utara (Torut) di Lapangan Bakti Rantepao, menyerukan akronim Sapa Toraja yakni Sahabat Pariwisata Toraja.

“Untuk lebih mengeksplore lagi pariwisata di Toraja, kita harus bangun Sapa Toraja, yaitu Sahabat Pariwisata Toraja,” kata Sumarsono, Sabtu (21/7/2018).

Sumarsono mengatakan, semua orang harus diajak untuk mempromosikan Toraja. Baik mereka yang berada di Toraja  maupun warna negara asing, dapat menjadi volunteer Sapa Toraja.

Ia meyakini bahwa banyak relawan yang akan aktif untuk mempromosikan sektor pariwisata Toraja. Dan dalam mereka bersedia berkomitmen membangun pariwisata Toraja, maka harus diakomodir.

“Sudah saatnya membangun jejaring besar-besaran ke kancah internasional,” kata dia.

Dia juga mengatakan, Toraja bukan lagi sekadar pariwisata lokal. Melainkan telah masuk dalam program strategis pariwisata nasional. Sehingga investasi nasional diharapkan terus masuk ke Toraja.

(muh fadly/pojoksulsel)