Beranda Sulsel BUMDes Beringin Wakili Maros Lomba BUMDes Berprestasi Tingkat Provinsi

BUMDes Beringin Wakili Maros Lomba BUMDes Berprestasi Tingkat Provinsi

POJOKSULSEL.com MAROS – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Beringin Desa Borikamase,  Kecamatan Maros Baru menjadi wakil Kabupaten Maros pada ajang lomba BUMDes

Berprestasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018.

Penilaian BUMDes Beringin Borikamase ini akan dilakukan pada 24 Juli 2018 mendatang oleh Tim Penilai BUMDes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala seksi sosial ekonomi pada bidang kelembagaan ekonomi sosial partisipasi masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Maros, Muh Zainuddin mengungkapkan, terpilihnya BUMDes Beringi Borikamaes ini masuk dalam 18 BUMDes yang lolos seleksi karena keuletan pengurus dan keberhasilannya mengembangkan 7 unit usaha Bumdes tersebut antara lain, lenggemukan sapi, pengembangan empang, ternak sapi, ternak itik, usaha penyediaan sarana produksi pertanian, dan unit simpan pinjam, ungkapnya.

“Kita bangga kepada kegigihan pengurus Bumdes Beringin, menurutnya mereka pantas menjadi wakil Kabupaten Maros karena mereka cerdas melihat peluang usaha dan gigih merintis usaha tersebut,” jelasnya, Kamis (19/7/2018).

Zainuddin berharap Bumdes Beringin menjadi percontohan Bumdes lainnya di Kabupaten Maros untuk menunjang usaha desa dan memberi manfaat yang banyak pada warga desa.

Zainuddin juga menjelaskan bagimana Pemdes memicu dan memacu Bumdes di Maros, pada Bumdes Beringin Pemdes telah menfasilitasi Bumdes tersebut dengan bekerjasama permodalan pada lembaga keuangan dan perbankan menurutnya Bank Sulselbar dan BRI menjadi mitra mereka.

Selain itu, Pemdes juga melakukan pedampingan teknis administrasi dan keuangan Bumdes.

Zainuddin berharap seluruh desa menjadikan Bumdes sebagai lembaga produktif yang menjadi asset desa dalam memanfaatkan potensi desa dan potensi Sumber Daya Manusaia di tingkat desa, terangnya.

(adnan muthalib/pojoksulsel)