Beranda Politik Akurasi Hitung Cepat CRC Teruji di Pilkada Parepare, Ini Buktinya

Akurasi Hitung Cepat CRC Teruji di Pilkada Parepare, Ini Buktinya

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Akurasi hitung cepat atau quick count lembaga riset, Celebes Research Center (CRC) teruji di Pilkada Parepare.

Hasil hitung cepat CRC dengan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pilkada oleh KPU Parepare, selisih tipis yakni hanya 0,17 persen.

Hasil hitung cepat CRC yang dirilis pada 27 Juni 2018, menempatkan paslon nomor 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) unggul dengan perolehan suara 51,27 persen. Sementara rivalnya, paslon nomor 2, Faisal A Sapada-Asriady Samad (FAS) meraih suara 48,72 persen. Selisih 2,55 persen suara.

Sementara hasil rekap KPU Parepare yang ditetapkan 4 Juli 2018, menempatkan paslon 1, TP unggul dengan perolehan suara 39.966 atau 51,19 persen.

Sedangkan paslon 2, FAS meraih 38.108 suara atau 48,81 persen. Selisih 1.858 suara atau 2,38 persen.

Direktur Riset CRC, A. Wahyudin Abbas mengatakan, menghadirkan hasil quick count yang presisi tentu tidak mudah.

“Tapi dengan komitmen yang kuat hal itu bisa dilakukan,” ujar Wahyudin, Kamis 5 Juli 2018.

Capaian ini kata dia, menjadi suatu kesyukuran dan kebanggaan dapat terus menghadirkan hasil quick count yang persis dan selalu menjadi rujukan publik pada setiap momentum Pilkada.

“Hal tersebut sekaligus menjadi motivasi untuk terus berkontribusi bagi penguatan demokrasi di Indonesia,” katanya. (haerul amran /pojoksulsel)