Beranda Politik Nyaris Sapu Bersih, Prof Andalan Unggul di 7 Dapil Versi CRC

Nyaris Sapu Bersih, Prof Andalan Unggul di 7 Dapil Versi CRC

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis survei terbaru terkait elektabilitas kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018.

Direktur CRC, Herman Heizer menjelaskan, survei ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang potret terbaru dari perilaku pemilih terhadap elektabilitas empat pasang calon yang saat ini bertarung di Pilgub Sulsel 2018 yang tersisa kurang lebih 8 hari lagi.

“Survei ini memotret popularitas dan akseptabilitas para kandidat yang berujung pada tingkat elektabilitas para calon pemimpin Sulsel ini”, ujar Herman Heizer dalam konferensi persnya di Hotel Four Points By Sheraton, Senin (18/6/2018)

Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) masih menempati posisi elektabilitas sebesar 34,6 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dengan angka 26,3 persen yang disusul oleh pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sebanyak 21,4 persen.

Sedangkan diurutan buncit dengan perolehan angka 6,2 persen ditempati pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL). Sedang responden yang belum menentukan pilihan sebesar 11,5 persen.

Disamping itu, menurut data yang dipotret CRC, pasangan Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaiman juga unggul di 7 Daerah Pemilihan (Dapil) dari 11 dapil yang ada di sulsel.

“Sementara pasangan Nurdin Halid -Azis Kahar Mudzakkar (NH-Aziz) hanya memimpin 2 Dapil, Ichsan Yasin Limpo – Cakka hanya 2 Dapil,” sebut Herman Heizer.

Frof Andalan unggul di dapil Makassar A,
Makassar B, Jeneponto-Bantaeng-Selayar, Bulukumba-Sinjai, Soppeng-Wajo, Enrekang-Pinrang-Sidrap dan Tator-Toraja Utara.

Sementara pasangan NH-Aziz unggul di dapil Bone dan dapil Barru-Maros-Pangkep-Parepare. Kemudian IYL-Cakka diklaim unggu di dapil Gowa-Takalar serta dapil Luwu Raya.

“Untuk jumlah persentase dukungan tiap daerah kami tidak bisa sebutkan karena margin errornya cukup besar,” kata Herman Heizer.

(is/pojoksulsel)