Beranda Olahraga Preview PSM Vs Persebaya : Pertahankan Momentum

Preview PSM Vs Persebaya : Pertahankan Momentum

Gelandang PSM Willem jan Pluim dan striker Guy Junior

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – PSM Makassar akan menghadapi Persebaya Surbaya di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (9/6/2018) malam. Tuan rumah perlu mempertahankan momentum untuk pada laga pekan ke-13 Liga 1 ini untuk merebut kembali pucuk klasemen.

Sementara ini, PSM Makassar turun ke posisi kedua setelah Barito Putera mengalahkan Sriwijaya FC tadi malam. Juku Eja dengan 21 poin tertinggal dua angka dari Laskar Antasari.

Pekan lalu, PSM Makassar sukses menahan imbang Persipura 1-1 (4/6/2018). Sementara, laga terakhir di kandag sendiri, tim Juku Eja berhasil mempecundangi tamunya Madura United 2-0 (30/5). Hasil ini menjadi modal bagus bagi PSM untuk menghentikan agresifitas Persebaya.

Demi mengamankan tiga poin, Robert Rene Alberts, Pelatih PSM bahkan menggelar latihan tertutup karena menganggap laga ini sangat penting. Pelatih kebangsaan Belanda itu sadar, Persebaya adalah tim kuat dan agresif.

“Persebaya tim kuat dan agresif. Karakter permainan mereka tidak pernah berubah. Baik ketika bermain tandang maupun kandang,” ucap Robert.

Tuan rumah wajib waspada, mengingat Perebaya datang dengan motivasi tinggi dan memburu kemenangan. Baru memainkan 10 pertandingan, tim berjuluk Bajul Ijo berada di posisi ke-15 klasemen sementara dengan raihan 14 poin.

Pelatih Persebaya Surabaya, Angle Alfredo Vera mengakui, PSM Makassar adalah salah satu tim tangguh. Buktinya, tim Ayam Jantan masih bercokol di papan atas.

Kendati melawan tim yang sedang konsisten dengan modal kepercayaan diri tinggi, Alfredo mengaku bahwa, dia dan para pemainnya sudah siap memberikan yang terbaik dalam laga itu.

“Saya tidak fokus siapa pemain lawan yang bermain bagus. Saya fokus dan antisiapsi dengan tim dan apa yang terjadi di lapangan, dan terjadi mereka punya peluang untuk bisa cetak gol,” katanya.

Demi menuntaskan misi merebut tiga poin dari Makassar, Alfredo menginstruksikan kepada pemainnya agar mewaspadai semua lini PSM. Khususnya skema serang balik dan eksekusi bola mati dari tim tuan rumah.

“Kami selalu waspada semua lini, terutama dari bola mati. Karena, saat melawan Madura kami kena gol dari eksekusi bola mati, dan kami berusaha memperbaiki semua kelemahan untuk menghindari adanya gol dari bola bola mati itu. Dan saya tahu PSM punya pemain tinggi yang bisa heading bagus,” Ungkap Alfredo.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM (4-3-3)
Rivky Mokodompit; Hasyim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Guy Junior, Ferdinand Sinaga, Muhammad Rahmat

Cadangan: Syaiful, Hendra Wijaya, Reva Adi Utama, Zulkifli Syukur, Zulham Zamrun, Rasyid Bakrie, Saldi

Pelatih: Robert Rene Alberts

Persebaya (4-3-3)
Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi; Rendi Irwan, Robertino Pugliara, Sidik Saimima; Ferinando Pahabol, Riky Kayame, Irfan Jaya

Cadangan: Dimas Galih Pratama, Andri Muladi, Nelson Alom, Osvaldo Haay, Misbakus Solikin, Rishadi Fauzi, Oktafianus Fernando

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Pertemuan Terakhir PSM vs Persebaya

20/05/2014 – Persebaya 4-0 PSM
02/05/2014 – PSM 0-2 Persebaya
14/03/2010 – PSM 2-0 Persebaya
13/12/2009 – Persebaya 2-0 PSM

(is/pojoksulsel)