Beranda Sulsel 16 Ramadan, Bupati Indah Pilih Berbuka Puasa di Desa Lantang Tallang

16 Ramadan, Bupati Indah Pilih Berbuka Puasa di Desa Lantang Tallang

POJOKSULSEL.com, MASAMBA – Sehari sebelum 17 Ramadan, Bupati Indah Putri Indriani bersama Tim Safari Ramadan memilih Desa Lantang Tallang sebagai destinasi Safari Ramadan berikutnya. Safari Ramadan ketujuh ini diawali dengan acara Buka Puasa Bersama dengan masyarakat desa setempat, Jumat (1/6/2018), di Lapangan Desa Lantang Tallang Kecamatan Masamba.

Turut hadir dalam acara berbuka ini Kepala Kejaksaan Negeri Mamsamba Andi Mirnawaty, Ketua KAHMI Luwu Utara Muhammad Fauzi, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan para Kepala SKPD beserta pejabat dan ASN lainnya. Hadir membawakan tausiah, Ustadz Jumali, perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan berbuka puasa adalah kegiatan yang sepantasnya disyukuri oleh seluruh umat muslim, khususnya di Desa Lantang Tallang, karena pemerintah daerah mencoba membangun fondasi silaturahmi yang lebih kokoh lagi dengan masyarakat desa.

“Saya pribadi sangat terkesan dan sangat senang bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat desa Lantang Tallang. Semoga apa yang kita lakukan sore ini (buka puasa) menjadi asbab buat kita semua untuk masuk ke dalam surganya Allah Swt,” harap Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan tersebut.

Sementara itu, ustadz Jumali dalam tausiahnya sebelum berbuka mengatakan, puasa merupakan salah satu kewajiban fardu a’in, selain mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Swt, serta sedekah dan zakat.

“Kehadiran bulan puasa ramadan atau shaum ini salah satu tujuannya adalah untuk menjauhi perbuatan yang keji,” ucap Jumali.

Safari Ramadan kali ini diawali dengan peninjauan pasar murah DP2KUKM, di mana 370 paket habis terbagi. Selain itu, ada penyerahan bantuan kepada kaum dhuafa. Juga ada penyerahan bantuan sosial berupa pemenuhan kebutuhan pokok bagi anak yang berada di LKSA Al Hijrah dan Lallo Massi di Kecamatan Masamba oleh Dinas Sosial.

Dari Dinas Pendidikan, Bupati menyerahkan bantuan 40 buah Al Quran secara simbolis kepada Camat Masamba. Berikutnya penyerahan cenderamata berupa sarung tenun kepada imam masjid dan kepala dusun oleh Bupati Luwu Utara. Dan yang terakhir, penyerahan bibit sayuran kepada kelompok wanita tani oleh Dinas Ketahanan Pangan (LH/AM/HMS)