Beranda Sulsel Palopo Raih WTP untuk Ketiga Kalinya

Palopo Raih WTP untuk Ketiga Kalinya

POJOKSULSEL.com, PALOPO – Untuk ketiga kalinya, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) wilayah Sulawesi Selatan memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemerintah Kota Palopo di Gedung BPK RI Makassar, Senin (28/05/2018) kemarin.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, S STP , peredikat Opini WTP yang kembali diraih oleh Pemerintah Kota Palopo memang sudah menjadi komitmen untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Daerah dalam hal pengelolaan keuangan. Penghargaan ini, katanya lagi, justru akan semakin mendorong untuk mematuhi semua aturan Perundang-Undangan Tentang Keuangan Daerah.

“Pemkot  akan terus berupaya untuk mematuhi seluruh aturan tentang Keuangan Daerah, dan apa yang diperoleh ini akan terus pertahankan, bahkan akan  tingkatkan,” ungkap Andi Arwien kepada media ini ,Selasa (29/5/2018)

“Ini murni hasil kerja keras kita semua, dan telah diperiksa secara profesional,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala perwakilan BPK RI Sulawesi Selatan, Widiyatmantoro, menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota palopo kepada Pjs Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, S,STP didampingi Ketua DPRD Kota Palopo , Harisal A Latief.

Menurut Widiyatmantoro, Kota Palopo layak mendapatkan Opini WTP yang ketiga kalinya tersebut, karena dinilai telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan BPK untuk bisa mencapai predikat tersebut.

Kriteria tersebut, kata Widiyatmantoro, adalah kesesuaian dengan standar akuntansi Pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan Perundang-Undangan.

“Laporan Keuangan Daerah kota palopo dianggap telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh BPK dan memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Widiyatmantoro usai menyerahkan LHP

Selain Pjs Walikota Palopo dan ketua DPRD Palopo , penghargaan opini WTP ini juga dihadiri Sekretaris Daerah H Jamaluddin SH MH. Inspektur Kota Palopo Samil Ilyas, Kepala BPKAD Kota Palopo Hamzah Jalante dan para Kepala Perangkat Daerah lainnya. (bayu/pojoksulsel)