Beranda Olahraga Robert Akui Pluim Bermain Dibawah Performa

Robert Akui Pluim Bermain Dibawah Performa

POJOKSULSEL.com– Gelandang serang PSM Makassar Wiljan Pluim bermain dibawah performa terbaiknya pada musim ini. Tak seperti musim lalu, Pluim kerap menjadi penntu kemenangan tim Juku Eja.

Musim lalu, Pluim bermain pada 31 laga PSM Makassar, mengoleksi 12 gol dan 12 assist. Namun, musim ini sinarnya seperti meredup.

Gocekan maut pemain yang dijuluki Penari Balet ini tak terlalu nampak. Umpan-umpan akuratnya juga tak terlalu menonjol.

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mengakui, faktor cedera dan urusan keluarga jadi salah satu faktor menurunnya performa Pluim.

“Hingga saat ini, Willy (WIljan Pluim) memang belum kembali ke performa terbaiknya,” kata Robert.

“Selain pernah mengalami cedera, dia sempat absen beberapa laga karena urusan keluarga. Dia belum berpengaruh di tim sebagaimana seharusnya,” jelasnya.

Pluim mengawali dua laga awal di Liga 1 2018 dengan kemenangan. Masing-masing 2-0 atas PSIS Semarang (K) dan 1-0 kontra Perseru Serui (T).

Sepulang dari Serui, sinus Pluim kembali kambuh. Meski demikian, ia tetap dipaksakan main melawan Persela Lamongan pada pekan ketiga.

Penurunan performa pemain asal Belanda di laga itu karena tak fit cukup berimbas bagi PSM. Tim Juku Eja menyerah 2-3 di kandang sendiri dari Laskar Joko Tingkir.

Selanjutnya, pada pekan keempat ia harus absen karena harus ke Belanda sebab ayahnya sedang sakit keras. PSM tanpa Pluim kembali kalah di kandang Barito Putera 1-2.

Pekan kelima dan keenam PSM masih tanpa Pluim. Hal ini membuat Robert merombak gaya mainnya. Alhasil, mereka berhasil menang 4-3, meski dengan susah payah mengatasi perlawanan PS Tira di kandang sendiri. Lalu sukses menahan imbang Sriwijaya FC 0-0 di Palembang.

Kembalinya Pluim ke Makassar pada pekan ketujuh membawa angin segar. Menjamu Mitra Kukar, Pluim mencetak satu gol untuk kemenangan 3-1 PSM.

Namun di tiga laga terakhir, sinar Pluim seakan kembali meredup. Tak ada sumbangan gol maupun assist.

PSM hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 dari Arema FC yang tengah terpuruk. Menang tipis 1-0 dari Borneo FC. Dan terbaru, PSM menyerah 0-3 dari Persib.

Secara keseluruhan, Pluim yang sudah tampil di 7 laga Liga 1 2018 baru mencetak 2 gol dan 1 assist bagi PSM. Kecemerlangan penampilan ayah satu anak ini pun diharapkan segera kembali. Apalagi, lasan selanjutnya adalah tim tangguh.

(is/pojoksulsel)