Beranda Nasional Hasil Survei: Ternyata… Jokowi Hanya Peringkat Ketiga

Hasil Survei: Ternyata… Jokowi Hanya Peringkat Ketiga

foto: Facebook Joko Widodo

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Dari 7 kali pergantian Presiden Indonesia, masih ada sebagian masyarakat merindukan kepemimpinan Soeharto, ini terbukti dari hasil survei yang dilakukan oleh Indo Barometer.

Hasil survei Indo Barometer menunjukkan mantan Presiden Soeharto berada di peringkat pertaman daftar pemimpin Indonesia yang diaggap paling berhasil di mata masyarakat. Soeharto dianggap sebagai pemimpin yang dinilai paling berhasil. Sedangkan Presiden Jokowi berada di peringkat ketiga setelah Soekarno, Presiden Pertama RI.

“Presiden Indonesia yang dinilai publik paling berhasil adalah Soeharto 32,9 persen, Soekarno 21,3 persen, Joko Widodo 17,8 persen, dan Susilo Bambang Yudhoyono 11,6 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodary Jakarta, Minggu (20/5).

Menurut Qodary, Presiden Soeharto paling di anggap berhasil karena masyarakat tidak puas dengan era reformasi.

“Publik yang kurang puas 42,1 persen terdistribusi ke Presiden Soeharto, lalu 14.9 persen terdistribusi ke Presiden Soekarno, sementara 12,3 persen terdistribusi ke Jokowi, sisanya ke SBY 6,3 persen, BJ Habibie 5,3 persen, Gus Dur 1,6 persen dan Mega 0 persen,” ujarnya.

Meski begitu, kata Qodary, nama Soeharto rupanya juga mengalami penurunan sejak survei pada April 2011. Hal ini menurutnya sejalan dengan menguatkan presepsi publik bahwa era reformasi lebih baik.

“Soeharto mengalami penurunan dari 40,5 persen menjadi 32,9 persen hal ini sejalan dengan penilaian publik yang melihat era reformasi lebih baik 52,7 persen,” jelasnya. (jaa/jpnn/pojoksulsel)