Beranda Headline News 4 Hal Ini Bikin Abraham Samad untuk Pilpres 2019 Identik dengan Pejuang...

4 Hal Ini Bikin Abraham Samad untuk Pilpres 2019 Identik dengan Pejuang Antikorupsi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad hadir pada deklarasi calon presiden 2019 yang digelar relawan AS di anjungan Pantai Losari Makassar, Senin (7/5/2018) kemarin.

Pojoksulsel mencatat deklarasi tersebut identik dengan upaya menjadikan sosok Abraham Samad sebagai simbol pejuang antikorupsi.

Ini empat faktanya

1. Testimoni Iwan Fals

Pada pelaksanaan deklarasi tersebut ditayangkan  testimoni penyanyi lawas, Iwan Fals. Dalam testimoninya, Iwan Fals menyebuta sosok Abraham Samad sebagai pejuang anti-korupsi di Indonesia.

“Saya salah seorang paling menggebu-gebu saat dia menjadi Ketua KPK, tokoh muda yang gigih dan pemberani. Abraham Samad itu adalah teman, sahabat, guru juga. Selamat Abraham Samad, ewako (semangat),” kata Iwan Fals dalam video tersebut.

2. Renungan Kebangsaan yang Dibacakan Abraham Samad

Abraham Samad tampil dengan membacakan renungan kebangsaan “Indonesia Berdaulat, Indonesia Bermartabat Tanpa Korupsi”.

Dalam renungan kebangsaan yang dibacakan, Samad mengungkapkan kasus korupsi yang masih subur di Indonesia menjadi motivasinya untuk mau maju pada Pemilu 2019.

“Korupsilah yang membuat rakyat kita kehilangan haknya. Korupsilah yang membuat petani kita kehilangan sawahnya. Korupsilah yang membuat masyarakat adat kita kehilangan hutannya. Korupsilah yang membuat nelayan kita kehilangan lautnya. Korupsilah yang membuat buruh kita kehilangan haknya. Korupsilah yang membuat ibu-ibu kita kehilangan dapurnya. Korupsilah yang membuat bocah-bocah kita kehilangan keceriaannya. Korupsilah yang membuat dewi keadilan kehilangan ketimbangannya. Korupsilah yang membuat negara kehilangan wibawanya,” tutur Abraham dengan nada tegas disambut sorak pendukungnya.

3. Kaus Bertuliskan Selamatkan Uang Rakyat

Para relawan dan simpatisan AS yang menyambut Abraham Samad mengenakan kaus bertuliskan “Selamatkan Uang Rakyat, Abraham Samad untuk Indonesia”.

4. Banyak dihadiri aktivis dan penggiat antikorupsi

Pelaksanaan deklarasi Abraham Samad sebagai bakal calon presiden 2019 di anjungan Pantai Losari Makassar diinisiasi oleh sahabat-sahabat Abraham Samad yang selama ini berada dalam lingkup menyuarakan antikorupsi.

(kin/pojoksulsel)