Beranda Makassar Prof Asmawati Azis dan Prof Hilda Karim Dikukuhkan Sebagai Profesor, Rektor UNM:...

Prof Asmawati Azis dan Prof Hilda Karim Dikukuhkan Sebagai Profesor, Rektor UNM: Jangan Berhenti Ciptakan Karya Ilmiah

HERALDMAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka pengukuhan dua guru besar baru dalam bidang ilmu Biologi yang berlangsung di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis 21 Desember 2023.

Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si di bidang ilmu Biologi Reproduksi dan Prof. Dr. Ir. Hilda Karim, M.P di bidang ilmu Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam. Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa bangganya atas pengukuhan kedua guru besar tersebut.

Rektor dua periode yang akrab disapa PHS ini menjelaskan bahwa pengangkatan Prof Asmawati Azis dan Prof Hilda Karim sebagai guru besar adalah pengakuan atas dedikasinya memajukan ilmu pengetahuan di bidang Biologi.

“Perlu saya sampaikan gelar ini tidak langsung dicapai, ada proses yang membutuhkan waktu panjang. Saya juga mendorong semangat pada dosen lain dalam mempersiapkan diri menuju profesor,” ungkapnya.

Prof Husain Syam juga berpesan agar mereka yang dikukuhkan tetap menghasilkan karya-karya ilmiah terbaik untuk kemajuan perguruan tinggi, mahasiswa dan masyarakat pada umum.

“Terakhir pesan saya, jangan berhenti menghasilkan karya-karya ilmiah terbaik untuk diberikan kepada mahasiswa, kemajuan universitas dan menjadi harapan ditengah masyarakat,” cetusnya.

Sementara, Prof. Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si dalam pidato pengukuhannya berjudul Sex Education Strategi Pengendalian Kesehatan Reproduksi, Pernikahan Dini dan Stunting.

“Sex education sangat penting bahkan sudah kondisi darurat yang harus segera dilaksanakan. Masalah kesehatan reproduksi adalah ancaman generasi muda yang dapat berdampak pada terbatasnya generasi yang sehat untuk masa depan,” paparnya.

Sedangkan, Prof. Dr. Ir. Hilda Karim, M.P dalam pidato pengukuhannya berjudul Strategi Pengendalian Hayati patogen Budidaya Berbasis Penggunaan Mikroba Tropis.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada UNM atas dukungan dan kesempatan yang diberikan kepadanya. Ia juga berjanji akan terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan membimbing mahasiswa dengan penuh dedikasi.

“Pengukuhan ini menjadi momen penting dalam perkembangan jurusan Biologi dan diharapkan akan menginspirasi generasi muda untuk mengejar prestasi dan berkontribusi dalam dunia akademik,” terangnya.