Beranda Sulsel Gelar PKM di Pangkep, Dosen Fakultas Pertanian UMI Edukasi Kelompok Wanita Tani...

Gelar PKM di Pangkep, Dosen Fakultas Pertanian UMI Edukasi Kelompok Wanita Tani Manfaatkan Limbah Rumah Tangga

HERALDMAKASSAR – Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan Program Kemitraan Masyarakat di Desa Bowong Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, pada Minggu (10/9/2023).

Program PKM tersebut mengangkat tema terkait Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Pupuk Organik Cair dengan Penambahan Biopestisida Alami.

Adapun pelaksana dari Fakultas Pertanian UMI Makassar diketuai oleh Dr. Ir. Suriyanti HS, M.Pd, sedangkan Ir. Andi Ralle M.P selaku Anggota serta para mahasiswa yang terlibat.

Kegiatan program kemitraan masyarakat ini juga melibatkan para kelompok wanita tani melati 1 yang diikuti sebanyak 18 orang.

Dr Suriyani mengatakan tujuan daripada dilaksanakannya kegiatan PKM ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada kelompok wanita tani dalam pemanfaatan limbah organik rumah tangga.

Misalnya air cucian beras, kulit buah, sayuran, cangkang telur dan limbah ikan untuk dijadikan pupuk cair organik yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

Kepada masyarakat atau kelompok wanita tani di wilayah tersebut, pihaknya juga menjelaskan secara teknik pengolahan sederhana yaitu dengan cara fermentasi.

Sementara, kelompok wanita tani ikut terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Kemudian kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan evaluasi.

“Semoga kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pengelolaan limbah organik rumah tangga yang dapat dimanfaatkan dalam budidaya tanaman yang ramah lingkungan,” ujarnya. (*)