Beranda Internasional Berkelana ke Negara Turki, Temukan Kota-kota Kuno di Turkaegean

Berkelana ke Negara Turki, Temukan Kota-kota Kuno di Turkaegean

Sagalassos Ancient City

HERALDMAKASSAR – Pantai yang indah, kota bersejarah yang elegan dikelilingi oleh ladang zaitun, dan masakan unik yang menghormati keajaiban minyak zaitun. Turkaegean, juga dikenal sebagai Pantai Kebahagiaan Türkiye, adalah surga bagi para wisatawan.

Menawarkan berbagai layanan wisata, Blue Cruises dan kesempatan untuk berlayar, serta masakan lezat yang terinspirasi dari budaya lokal, semuanya terletak di tengah lingkungan yang menakjubkan.

Para pemimpin terhebat dalam sejarah kuno membangun kota-kota di sepanjang rute perdagangan Aegean kuno ini, dimana perubahan sejarah paling signifikan pada zaman dahulu juga terjadi di sana. Mari selidiki masa lalu misterius daerah itu.

Latar belakang bagi Kisah Epik: Perjalanan Melalui Troy

Terletak di desa Tevfikiye Çanakkale, Kota Kuno Troy adalah salah satu kota kuno terpenting di dunia dan merupakan salah satu tujuan paling menarik di Turkaegean. Menampilkan sembilan lapisan arkeologi dan sejarah 3.000 tahun yang tidak terputus, Kota Kuno Troy dimasukkan dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 1998.

Situs kuno ini juga merupakan perhentian pertama di Rute Aeneas, rute budaya Dewan Eropa pertama dan satu-satunya yang bermula di Türkiye. Museum Troy yang luar biasa, yang diakui dengan penghargaan museum paling bergengsi di Eropa, menampung koleksi artefak dan temuan dari penggalian di wilayah tersebut.

Kota Kuno Assos terletak di desa Behramkale Aegean yang menawan, di atas bukit dengan turunan bertingkat yang menghadap ke laut. Harta karun lain dari Laut Aegea Utara yang menunggu untuk ditemukan, kota kuno ini adalah rumah bagi Kuil Athena, yang dibangun di titik tertinggi Assos.

Beberapa reruntuhan lain di Assos termasuk agora kota tua, gimnasium, dan teater terdapat disana. Salah satu penduduk Assos yang paling terkenal adalah Aristoteles, yang mendirikan sekolah filsafat terkenal di sana sebelum pergi ke Istana Makedonia untuk mengajar Alexander Agung.

Harta İzmir

Pembahasan tentang kota kuno di Turkaegean akan mencakup Kota Kuno Efesus, yang menarik ribuan turis lokal dan mancanegara setiap tahunnya. Ephesus, Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2015 dan salah satu kota pelabuhan terbesar pada masanya, berkembang selama periode Helenistik dan Romawi.

Perpustakaan Celsus, yang merupakan perpustakaan terbesar di Türkiye dengan kapasitas 30.000 pengunjung; teater kuno; Gerbang Mazaeus dan Mithridates; Kuil Hadrian; dan Kuil Artemis (satu dari tujuh keajaiban dunia kuno) merupakan beberapa tempat menarik di Efesus, begitu pula “rumah teras” yang menunjukkan betapa kaya kehidupan keluarga Romawi. Anda juga bisa mengunjungi House of the Virgin Mary, Tomb of St. John, dan Cave of the Seven Sleepers saat berada di Efesus.

Bergama, di İzmir, juga merupakan kota kuno lainnya yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Menjadi pusat penting selama periode Helenistik, Romawi dan Bizantium, Bergama adalah rumah bagi tujuh gereja penting lainnya yang disebutkan dalam Kitab Wahyu.

Beberapa struktur di Pergamon yang masih bertahan hingga saat ini adalah Kuil Athena, Trajaneum, dan Perpustakaan Pergamon. Berjalan kaki dari Akropolis Atas ke kota modern Bergama menyuguhkan pemandangan panorama seluruh kota dari lereng bukit. Dikenal sebagai “Basilika Merah” hingga saat ini, Kuil Serapis adalah daya tarik lain dari Bergama.

Seiring dengan kota-kota kuno yang terkenal di pantai Aegea, banyak permukiman kuno berada di pedalaman kawasan tersebut. Kota-kota ini termasuk Kota Kuno Aizanoi di Kütahya dan Kota Kuno Sardis di Denizli, yang keduanya masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO.

Monumen luar biasa lainnya di Denizli adalah Kota Kuno Hierapolis, yang bersama dengan Travertine Pamukkale, ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988 sebagai warisan budaya dan alam. Di Burdur, dalam perjalanan ke Aydın, anda dapat melihat Aphrodisias yang terdaftar di UNESCO dan Kota Kuno Sagalassos yang menakjubkan.

Muğla adalah tempat berakhirnya Laut Aegea dan dimulainya laut Mediterania. Dengan ratusan puing reruntuhan di kota yang indah ini, anda dapat melakukan perjalanan delapan ribu tahun ke belakang – Muğla adalah rumah bagi beberapa kota kuno, termasuk Kaunos, Knidos, dan Tlos. Di rute yang terkenal ini, anda bisa mengunjungi dua kota kuno Xanthos dan Letoon yang bersebelahan dan keduanya masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Di Xanthos, bekas ibu kota Lycia, anda bisa melihat monumen makam Lycian yang berasal dari zaman kuno. Dalam perjalanan ke Datça, sebuah kota yang tenang di Muğla, anda dapat mengunjungi kota kuno Knidos, yang terletak di pertemuan laut Aegea dan Mediterania. Di Knidos, kota budaya dan seni serta pusat perdagangan tua yang penting, anda dapat mengamati pertemuan antara Laut Aegea dan Mediterania dari teater kota yang megah – dan menikmati keajaiban geografi yang unik, tempat sejarah ditorehkan.