Beranda Internasional Mata Dunia Tertuju ke Ukraina, Diam-diam Korut Perbaiki Nurklirnya

Mata Dunia Tertuju ke Ukraina, Diam-diam Korut Perbaiki Nurklirnya

HERALDMAKASSAR – Saat mata dunia semua tertuju pada perang Rusia melawan Ukraina, diam-diam Korea Utara sedang memperbaiki nuklirnya untuk pertama kalinya sejak dinyatakan ditutup pada 2008 lalu. Itu tergambar dalam potret citra satelit komersial. Disitu ditunjukkan konstruksi di lokasi uji coba nuklir Korea Utara.

Gambar yang diambil oleh satelit pada hari Jumat menunjukkan tanda-tanda aktivitas awal di lokasi baru, termasuk pembangunan gedung baru, perbaikan bangunan lain, dan aktivitas lainnya, menurut spesialis di James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di California dalam laporannya.

“Pekerjaan konstruksi dan perbaikan menunjukkan bahwa Korea Utara telah membuat beberapa keputusan tentang status lokasi uji coba,” kata laporan itu.

Fasilitas Punggye-ri telah ditutup sejak Korea Utara mengumumkan moratorium uji coba senjata nuklir pada 2018. Namun kini Kim Jong Un, tidak lagi merasa terikat oleh moratorium itu karena pembicaraan denuklirisasi terhenti.

Pada saat itu, Korea Utara mengatakan pihaknya menutup terowongan lokasi itu dengan meledakkannya dan memblokir pintu masuknya, dan menghapus semua fasilitas pengamatan, gedung penelitian dan pos keamanan.

Setelah peluncuran rudal kesembilan Korea Utara tahun ini pada hari Minggu, Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan mengatakan pihaknya bahkan lebih dekat memantau fasilitas terkait nuklir dan rudal Korea Utara termasuk fasilitas reaktor nuklir utamanya di Yongbyon dan lokasi uji coba senjata nuklir Punggye-ri, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“Salah satu kemungkinan adalah Korea Utara berencana untuk membuat lokasi uji coba itu kembali ke keadaan siap untuk melanjutkan pengujian bahan peledak nuklir,” kata laporan itu.

“Berapa lama waktu yang dibutuhkan Korea Utara untuk melanjutkan pengujian bahan peledak di lokasi tergantung pada tingkat kerusakan terowongan itu sendiri, sesuatu yang tidak kita ketahui,” tulis mereka dalam laporan itu.

“Ada juga kemungkinan bahwa Korea Utara akan melanjutkan uji coba nuklir di lokasi lain.”

Punggye-ri adalah satu-satunya situs uji coba nuklir Korea Utara yang diketahui. Mereka melakukan enam uji coba senjata nuklir di terowongan di lokasi tersebut dari 2006 hingga 2017.

(IND)