Beranda Sulsel Adnan Titip 3 Pesan untuk Pengurus PMI Pangkep

Adnan Titip 3 Pesan untuk Pengurus PMI Pangkep

HERALDMAKASSAR.COM, PANGKEP – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan melantik secara resmi pengurus PMI Kabupaten Pangkep masa bakti 2018-2023 di Ruang Aula Gedung Dewakkang Mattampa Pangkep, Jumat (9/4).

“Hari ini kita menyaksikan pelantikan kepengurusan PMI Kabupaten Pangkep yang baru, walaupun ketua lama tapi saya berharap dari pengalaman Rahman Assegaf memimpin PMI Pangkep, bisa terus menjadikan PMI semakin maju,” terangnya.

Ia mengungkapkan, ada tiga pesan yang dititipkan kepada para pengurus PMI Pangkep saat ini. Pertama adalah konsistensi, dirinya meminta dengan adanya perombakan pengurus saat ini dapat mempertahankan ritme kinerja yang sudah ada dan dinilai baik saat ini.

“Pelantikan pengurus berdasarkan sistem pergantian antar waktu ini semoga dapat menjadikan PMI Pangkep terus eksis dalam memberikan pelayanan sosial khususnya pada kegiatan donor darah. Ke depannya, darah yang disumbangkan diharapkan dapat membantu ketersediaan darah di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan,” katanya.

Kedua, pengurus PMI Pangkep diminta untuk terus berinovasi. Dengan adanya tambahan personil baru di kepengurusan, terobosan baru juga sangat diharapkan.

“Selain mempertahankan yang sudah baik, terobosan baru juga sangat penting untuk terus dilakukan. Agar ada inovasi yang tercipta di Kabupaten Pangkep.”, lanjutnya.

Hal ketiga yang tidak kalah penting adalah kolaborasi antara PMI dengan pemerintah daerah harus terus dilakukan. Hal ini merujuk pada Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan yang menuntut adanya kolaborasi tersebut.

“Dengan adanya sinergi dan kolaborasi antara PMI dan pemerintah daerah diharapkan mampu melancarkan tugas – tugas kemanusiaan yang kita emban bersama. Tentunya kolaborasi ini harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari daerah di mana PMI bertempat,” ujar Adnan yang juga Bupati Gowa ini.

Ketua PMI Kabupaten Pangkep, Abdul Rahman Assegaf menyebutkan, saat ini anggota relawan PMI Pangkep aktif di berbagi kegiatan baik penanggulangan bencana maupun tim penanganan Covid-19.

“Sejak Maret tahun lalu, kita sudah melawan Covid-19 dengan berbagai kegiatan. Seperti penyemprotan desinfektan dan pembagian paket Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan masker,” tegasnya

Rahman Assegaf juga menyampaikan bahwa relawan PMI Pangkep juga aktif di berbagai kegiatan penanggulangan bencana baik yang terjadi di Pangkep maupun daerah-daerah lainnya. Misalnya di Mamuju, Sulawesi Barat dan Masamba.

Sementara Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana dalam sambutannya, mengapresiasi kehadiran PMI Pangkep yang selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam penanganan bencana dan pencegahan Covid-19.

”Setiap terjadi bencana, pasti PMI selalu terdepan bersama BPBD Pangkep turun di lapangan. Semoga pengurus baru ini bisa semakin memajukan PMI dan terus bersinergi dengan pemerintah daerah,” harapnya. (PS)