Beranda Makassar Gubernur Sulsel Pastikan Lantik 11 Kepala Daerah pada 26 Februari

Gubernur Sulsel Pastikan Lantik 11 Kepala Daerah pada 26 Februari

HERALDMAKASSAR- Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memastikan pelantikan kepala daerah terpilih pilkada 2020, akan digelar pada 26 Februari. Pelantikan dilaksanakan di kantor Gubernur Sulsel, Makassar, secara langsung dengan jumlah peserta terbatas.

Nurdin Abdullah menyampaikan, telah bertemu Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik dan telah menyetujui pelaksanaan pelantikan secara langsung pada 26 Februari di kantor Gubernur Sulsel.

”Pertemuan bersama Ditjen Otda yang diutus Pak Menteri (Mendagri) ke sini. Saya mau sampaikan bahwa surat kita untuk pelantikan itu telah direstui. Jadi nanti pelantikannya di Makassar, ibu kota provinsi,” kata Nurdin seperti dilansir dari Antara di Makassar, Senin (22/2).

Adapun 11 daerah yang kepala daerahnya akan dilantik yaitu Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Toraja, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Selayar, dan Kota Makassar.

Nurdin menyebutkan, peserta pelaksanaan pelantikan akan dibatasi dengan total 25 orang sebagai dampak dari pandemi.

”Pesertanya tidak lebih dari 25 orang, per ruangan nanti darma wanita juga. Tanggal 26 kita pelantikan. Pokoknya tanggal 25 malam SKnya datang, 26 kita pelantikan,” ujar Nurdin.

Selain itu disediakan fasilitas daring atau virtual bagi yang ingin menyaksikan pelantikan. Yang dilantik secara langsung adalah bupati dan wakil bupati terpilih dan ketua TP-PKK.

”Ada virtual juga yang di daerah, jadi masing-masing di daerah menunggu. Ke sini hanya bupati dan wakil bupati beserta seluruh ketua tim penggerak PKK,” tutur Nurdin.

Pada 2020, pilkada serentak berlangsung di 12 daerah, tetapi satu pasangan kepala daerah yakni Bupati-Wakil Bupati Toraja Utara akan dilantik Maret 2021 berdasar masa tugas bupati sebelumnya sampai Maret.