Beranda Makassar Lalin Ramai Saat PSBB, DPRD Desak Pemerintah Tambah Check Point

Lalin Ramai Saat PSBB, DPRD Desak Pemerintah Tambah Check Point

Fatma Wahyuddin

HERALDMAKASSAR.com – Wilayah perbatasan di Kota Makassar menjadi titik pengawasan Pemerintah untuk dilakukan pengawasan secara ketat selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Check point atau posko pemeriksaan sudah seharusnya ditambah. Hal tersebut karena masyarakat masih leluasa keluar tanpa memakai masker, berkendara sambil berboncengan. Begitu pun dengan pengemudi mobil masih terlihat mengisi penuh penumpang.

Wakil Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Masyarakat DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyuddin mengaku pemberlakukan PSBB di Kota Makassar belum terlalu efektif.

“Seakan tak ada sama sekali perbedaan antara PSBB atau tidak. Jalanan masih sangat ramai. Hilir mudik masyarakat masih seperti biasa,” kata Fatma, Senin (4/5/2020).

Dia pun mendesak agar Pemerinta kota Makassar agar menambah titik posko pemeriksaan. Bukan hanya mengandalkan di titik perbatasan saja.

Dengan adanya posko pemeriksaan, maka upaya pemkot untuk meminimalisir aktivitas di jalanan akan jauh lebih efektif. Setiap pengendara diperiksa suhu tubuh, diwajibkan pakai masker dan bagi pengendara tidak boleh berboncengan.

Minimal di jalan-jalan protokol. Misalnya di Jalan AP Pettarani, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Jenderal Sudirman.

“Petugas melakukan pengecekan setiap hari di waktu tertentu yang dianggap ramai pagi, sore dan malam hari,” tegasnya.

Legislator asal partai Demokrat ini mendorong agar titik penempatan posko pemeriksaan bahkan ada di setiap kecamatan dengan melibatkan pihak terkait seperti pihak keamaman.

“Kita mau PSBB ini efektif. Jika tak ada ketegasan maka pemberlakuan PSBB bisa saja akan berlanjut dan kita semakin lama tersiksa,” tegasnya.