Beranda Makassar Begini Harapan Legislator Al Hidayat Samsu Peringati Hardiknas

Begini Harapan Legislator Al Hidayat Samsu Peringati Hardiknas

Anggota DPRD Makassar, Al Hidayat Samsu

HERALDMAKASSAR.com – Anggota Komisi D DPRD Makassar Al Hidayat Samsu mengatakan, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 merupakan hari momentum untuk berterima kasih atas jasa pahlawan guru yang telah membawa Republik Indonesia bisa bertahan sampai saat ini.

“Jadi Hardiknas ini kita sebagai anak muda penerus bangsa patut mengucapkan terima kasih banyak atas jasa pahlawan guru yang bisa membawa Republik Indonesia ini bisa bertahan sejauh ini,” kata Al Hidayat, Sabtu (2/5/2020).

Sekarang ini, kata dia, pendidikan dalam konteks pandemi Covid-19 masih aktual untuk diperbincangkan. Menurutnya, ketika di bumi masih ada manusia maka pendidikan itu masih aktual.

“Karena manusia dengan pendidikan berkolerasi untuk menciptakan suatu peradaban,” jelasnya

Legislator PDIP itu menuturkan bahwa tantangan yang dihadapi saat ini yaitu tantangan revolusi industri 4.0.

“Dimana, hal ini memaksa guru-guru mempelajari teknologi E-learning yakni pembelajaran lewat daring yang merupakan transformasi pendidikan yang lebih efektif dan murah,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, kekurangan guru-guru di Makassar yang cenderung tidak memahami teknologi di momentum ini guru diketuk hatinya untuk bisa memainkan teknologi.

Dalam Surat Edaran (SE) Kemendikbud nomor 4 tahun 2020 yang dimana para tenaga pendidik dan peserta belajar di rumah dan mengajar di rumah. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi guru-guru kategori Baby Boomers (40 tahun ke atas), atau dinilai sudah tidak mengetahui secara detail perkembangan sistem teknologi.