Aliyah Mustika Ajak Siswa Rencanakan Masa Depan

    HERALDMAKASSAR.COM — Komisi IX DPR RI bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Sosialisasi Pembangunan Keluarga di SMAN 19 Makassar, Senin (25/02/2019).

    Sosialisasi ini digelar untuk memberikan edukasi kepada siswa akan pentingnya merencanakan masa depan dengan baik.

    Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham yang hadir pada kesempatan tersebut dalam arahannya mengungkapkan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan pada anak-anak usia remaja.

    “Yang pertama itu adalah hindari seks pranikah (sebelum nikah), tidak menikah muda dan menjauhi yang namanya narkoba,” ujar Aliyah.

    Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, angka pernikahan muda di Sulsel saat ini sebanyak 6,7 persen dan lebih tinggi dari angka nasional sebanyak 2,46 persen.

    “Jumlah pernikahan usia muda di Daerah kita (Sulsel) ini masih sangat tinggi. Ini sangat memprihatikan, kasian mereka belum memiliki bekal yang baik untuk masa depan sudah harus menghadapi rumah tangga yang memiliki beban dan tanggung jawab yang besar,” ungkap Aliyah.

    “Olehnya itu anak-anakku sekalian, belajarki dulu baik-baik, sekolah hingga tingkat perguruan tinggi, belajar ilmu agama, Setelah lulus kuliah dan cari pekerjaan yang baik. Karena itu adalah bekal yang baik untuk masa depan kalian semua, kalau semua itu sudah dicapai baru berpikir untuk menikah,” ucap Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Makassar ini.

    Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Labuang Baji, Dr. Andi Mappatoba yang hadir sebagai pemateri mengungkapkan, usia anak SMA yang berkisar 15 hingga 18 tahun adalah masa transisi.

    “Masa ini sangat berbahaya, masa rasa ingin tau dan ingin coba-cobanya sangat tinggi. Jadi kalau yang mereka lihat adalah hal-hal yang tidak baik, maka bedar kemungkinan mereka akan ikut melakukan itu. Jadi disini lah peran kita orang tua di rumah dan guru di sekolah dibutuhkan. Bagaimana mereka diarahkan ke hal-hal yang baik agar kedepannya mereka bisa menjadi pribadi yang baik,” ucap Andi Mappatoba.

    Kepala SMAN 19 Makassar, Abdul Majid menyampaikan terimakasihnya atas dipilihkan sekolah mereka sebagau lokasi untuk diadakannya sosialisasi.

    “Terimakasih ibu Aliyah sudah memilih sekolah kami untuk menggelar sosialisasi, kegiatan ini tentunya bermanfaat bagi kami dan anak-anak didik dalam merencanakan masa depan mereka agar lebih baik,” tutur Abdul Majid.

    (IR)