Beranda Makassar Instalasi PDAM Makassar Terendam Banjir, Suplay Air Terhenti

Instalasi PDAM Makassar Terendam Banjir, Suplay Air Terhenti

HERALDMAKASSAR.com – Meluapnya Sungai Jeneberang yang mengakibatkan beberapa daerah di Kabupaten Gowa terendam Banjir juga berdampak pada tidak berfungsinya Salah satu Instalasi PDAM Makassar yaitu IPA IV Maccini Sombala yang terletak di Jalan Abdul Kadir tepi sungai Jeneberang Kelurahan Maccini Sombala, Makassar, pada Selasa 22 Januari 2019.

IPA Maccini Sombala berhenti beroperasi sejak terjadinya luapan air dari sungai Jeneberang siang hari tadi hingga menembus masuk ke ruang pompa dan ruang Genset sampai ketinggian 50 cm sehingga motor pompa dan Genset terendam air, hal ini mengakibatkan seluruh proses Produksi dan Distribusi air terhenti total.

Direktur Tehnik PDAM Kota Makassar, Kartia Bado mengatakan, karena kejadian ini beberapa daerah disekitar Selatan dan Barat Kota terhenti total termasuk Suplay ke seluruh kawasan GMTD mati total.

“Setelah air surut kami harus membersihkan dan mengeringkan motor-motor pompa tersebut agar dapat dioperasikan kembali,” ucapnya.

“Kondisi ini baru pertama kalinya terjadi sejak Instalasi ini berdiri jadi memang ketinggian air diluar prediksi, jadi kita tidak bisa berbuat banyak karena faktor alam, memang sudah ada penyampaian dari BMKG, cuma kan diluar perkiraan kalau air bisa naik ke Instalasi,” sambungnya.

Sementara itu, Humas PDAM Makassar, Idris Tahir menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan.

“Yang jelas petugas kami masih sementara melakukan pembenahan semoga produksi dan distribusi air bisa segera normal pasca kejadian ini,” tuturnya.

(IR)