Beranda Sulsel Dekan FKM Unhas Pantau Langsung Pelaksanaan PBL di Takalar

Dekan FKM Unhas Pantau Langsung Pelaksanaan PBL di Takalar

HERALDMAKASSAR.COM – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (UNHAS) angkatan 2016 kembali melakukan kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Kegiatan PBL ini memasuki tahap PBL 3 dengan bentuk kegiatan evaluasi dari kegiatan intervensi yang sebelumnya telah dilaksanakan pada kegiatan PBL 2 sesuai dengan masalah yang telah diprioritaskan untuk diselesaikan bersama-sama dengan masyarakat.

PBL 3 ini akan berlangsung selama 2 minggu terhitung sejak tanggal 10 hingga tanggal 23 Desember 2018.

Adapun evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa sebagian besar lebih kepada kegiatan evaluasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada anak sekolah, evaluasi penyuluhan bahaya rokok, pengelolaan sampah, efektivitas papan wicara mengenai sampah dan rokok, serta evaluasi aktivitas olahraga pada masyarakat.

Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan intervensi kesehatan masyarakat, selanjutnya melakukan perbaikan terhadap jalannya program bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah Kelurahan.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed dan didampingi oleh Prof. Sukri Palutturi, PhD selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan, alumni dan kemitraan FKM Unhas melakukan turut berpartisipasi dengan melakukan kunjungan pada kegiatan PBL 3 ini. Beliau memberikan saran terkait pelaksanaan kegiatan evaluasi dan analisis data PBL 3. “Kita perlu membuat inovasi baru agar masyarakat tidak merasa bosan dan partisipasi masyarakat bertambah untuk mengikuti dengan kegiatan yang dilakukan, apalagi saat ini merupakan musim hujan”, kata Dekan FKM Unhas. Bapak dekan menambahkan bahwa salah satu inovasi yang dibuat dari kegiatan ini adalah adanya satgas PBL dimana dosen terlibat dan juga sekaligus menjadi pengabdian masyarakat bagi mereka.

Menurut koordinator desa Kelurahan Parangluara yang dikunjungi, Amaliah Amriani AS mengatakan bahwa kegiatan PBL 3 ini sangat bermanfaat dalam mengasah kompetensi mahasiswa, dia juga mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan dekan beserta wakil dekan bidang kemahasiswaan memberikan semangat positif bagi para mahasiswa yang tengah melaksanakan kegiatan PBL 3.

Adelfima Marwah salah satu koordinator posko menambahkan bahwa pbl 3 ini merupakan tahap akhir dalam pelaksanaan pengalaman belajar lapangan mahasiswa fkm unhas. Ada 4 program kerja, yg terbagi non fisik dan fisik. Dimana untuk program kerja fisik merupakan kegiatan melakukan senam rutin serta pemasangan papan wicara. Dan untuk non fisik dilakukannya penyuluhan mengenai rokok dan sampah.

Hal menarik berdasarkan evaluasi di 4 program kerja tersebut adalah evaluasi penyuluhan rokok dikarenakan sudah adanya peraturan dari pihak kelurahan parangluara bahwa ‘lingukangan parangluara termasuk lingungan bebas asap rokok’. Jarang ditemukan masyarakat merokok secara terbuka di lingkungan masyarakat tetapi justru ditemukan masyarakat merokok dalam rumah, inilah tantangannya, tambahnya.