Beranda Nasional Atase Pendidikan KBRI Thailand Beri Kuliah Tamu di FKM UNHAS

Atase Pendidikan KBRI Thailand Beri Kuliah Tamu di FKM UNHAS

HERALDMAKASSAR.COM – Akultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menggelar kuliah tamu yang berlangsung di Aula Pascasarjana Rabu, 21 November 2018.

Kali ini kuliah tamu menghadirkan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Thailand, Prof. Dr. Mustari Mustafa, M.Si.

Kuliah tamu yang dipandu oleh Nurarifah, SKM, MA, memaparkan tentang Partnership in Education. Partnership untuk semua berlaku untuk Indonesia-Thailand atau Thailand-Indonesia.

Prof Mustari Mustafa banyak mengurai bagaimana hubungan Indonesia dengan Thailand. Bagi pemerintah Thailand, Indonesia itu dianggap seperti kakak, adik-kakak, negara seperti Thailand menurutnya sangat damai apalagi negara tidak pernah dijajah oleh negara manapun sehingga Thailand benar-benar Thailand.

“Dari aspek budaya dan pariwisata, jumlah turist mancanegara sebanyak 35 juta di Thailand berdasarkan data pada tahun 2017. Kota Bangkok paling banyak dikunjungi dan menggeser London dan Paris. Beliau lebih lanjut mengatakan kalau destinasi pariwisata di Indonesia itu adalah Bali, maka di ASEAN adalah Bangkok Thailand,” paparnya.

“Dalam bidang pendidikan saya kira inilah yang harus banyak kerjasama dengan FKM Unhas, dalam bentuk short course, student exchange dan pendidikan degree,” sambung Mustari.

Kuliah tamu yang dihadiri sekitar 100 lebih mahasiswa FKM Unhas, dibuka langsung oleh Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed.

Aminuddin menyampaikan bahwa student exchange ini tidak hanya mahasiswa FKM Unhas yang ke Thailand tetapi juga mahasiswa Thailand yang ke Indonesia. Demikian pula untuk pendidikan degree.

“Waktu saya PD 3 FKM Unhas sudah pernah ada mahasiswa FKM yang ke Thailand yang melakukan student exchange, kita tinggal lanjutkan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD menambahkan bahwa dalam waktu dekat ini tim FKM Unhas akan melakukan kunjungan di beberapa universitas di Thailand.