Beranda Sulsel Mantap! Call Centre 112 Parepare Jadi Top Nominasi Penilaian Pelayanan Publik 2018

Mantap! Call Centre 112 Parepare Jadi Top Nominasi Penilaian Pelayanan Publik 2018

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Call Centre 112 oleh Pemerintah kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk sebagai salah satu program top 99 Inovasi Pelayanan Publik bidang kesehatan yang terintegrasi.

Hal itu diungkapkan Kabag Humas Pemkot Parepare, Amarun Agung Hamka, saat mengikuti persentasi dan wawancara yang di laksanakan di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta. Senin 23 Juli 2018.

“Kemenpan RB telah menetapkan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dan selanjutnya dilakukan tahap persentasi dan wawancara yang wajib di hadiri oleh Pimpinan Kepala Daerah sebagai inovator. Pak Walikota sementara mengikuti kegiatan tersebut,” ungkap Hamka.

Hamka menjelaskan, program call centre 112 merupakan program yang di gagas oleh Walikota Parepare HM Taufan Pawe awal priode pertamanya.
Program itu sendiri merupakan program andalan pemerintah kota Parepare, berkaitan dengan sistem Pelayanan Kesehatan.

“Jadi, Call Center 112 ini adalah salah satu top 99 Inovasi Pelayanan Publik di bidang pelayanan kesehatan terintegrasi yang di gagas oleh bapak Walikota Parepare. Kurang lebih 4 Tahun lalu atau tepatnya 24 Oktober 2014,” jelas Hamka.

Dalam acara itu, lanjut Hamka, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mempersentasikan Inovasi dihadapan para panelis yg independen yg dibentuk oleh Kemenpan RB dari kalangan akademisi dan profesional.

“Panalisnya, JB Kristiadi, St Zuhroh, Tulus Abadi, Eko Prasojo, Indah Suksmaningsih, Nurjamam Mohtar, Neneng Gunadi,” urai Hamka.

Adapun persentasinya, tambah dia, yaitu Inovasi dilakukan dengan sistem “Jemput Bola” untuk memberikan pelayanan secara cepat bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan utamanya yang bersifat emergency.

Kedua menyangkut tersedianya Tim Khusus yang kompeten yang terdiri dari dokter, perawat/bidan dan driver.
Tersedia Ambulance Gratis untuk evakuasi pasien dan untuk pengantaran Jenazah.

Menyediakan Pelayanan Kesehatan Gratis Jumat Peduli yang dilaksanakan di pemukiman warga dilengkapi dengan pemeriksaan laboratorium sederhana Asam Urat, Gula Darah, dan kolesterol.

Inovasi ini menghadirkan pelayanan kesehatan gratis terintegrasi dari berbagai layanan kesehatan secara gratis dan juga pelayanan pengantaran jenazah yang terdiri dari.

Pelayanan Emergency, Pelayanan Kesehatan Gratis Jumat Peduli, Pelayanan Non Emergency, Pelayanan Kebidanan, Pelayanan Tim Medis/Tim Kesehatan, dan Pelayanan Jenazah.

Inovasi ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, dengan hanya menelpon 112 melalui telepon rumah atau telepon seluler (Telkomsel) bebas pulsa.

“Selanjutnya tim yang terdiri dari Dokter, Perawat/Bidan, dan driver menuju lokasi dan tiba kurang dari 15 menit untuk memberikan penanganan awal kepada pasien sebelum dikirim ke rumah sakit,” tutupnya. (sps / pemkotpare / pojoksulsel)