Beranda Headline News Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Bibit Padi Bagi Petani Korban Banjir

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Bibit Padi Bagi Petani Korban Banjir

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan menyalurkan bantuan berupa bibit benih padi bagi puluhan ribu hektar sawah di Kabupaten Wajo dan Bone yang mengalami gagal panen akibat terendam banjir.

Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono mengatakan, bantuan benih padi tersebut disalurkan kepada pemilik sawah yang yang tidak mengasuransikan sawahnya akibat banji.

“Di Wajo misalnya, dari 70 ribu hektar sawah kena puso karena banjir limpahan dari sungai tempe, ada sepuluh persen yang diasuransikan jadi mereka mendapat ganti rugi, sisanya yang tidak diasuransikan kami berikan bantuan bibit,” kata Sumarsono.

Sumarsono mengatakan, para petani dapat menanami sawahnya pasca banjir surut. Sementara, 10 persen petani yang mengasuransikan tanaman padinya akan diganti rugi.

Beberapa waktu lalu, Sumarsono bersama Presiden RI Joko Widodo telah meninjau sawah yang dilanda banjir dan mengalami puso di Kabupaten Wajo. Sehingga bantuan untuk menanggulangi masalah ini juga telah datang dari pemerintah pusat.

“Menteri Pertanian (Amran Sulaiman) sudah datang ke sini, dan siap untuk menanggulangi puso,” sebutnya.

Bantuan bibit yang diberikan, kata dia, nantinya akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kami ingin menunjukkan bahwa negara hadir di saat masyarakat terkena masalah,” ujarnya.

(muh fadly/pojoksulsel)