Beranda Sulsel Ini Tips RSUD Parepare Untuk Warga Penderita Penyakit Diabetes

Ini Tips RSUD Parepare Untuk Warga Penderita Penyakit Diabetes

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Rumah Sakit Umum (RSUD) Andi Makkasau Parepare, siap menangani pasien berbagai jenis penyakit.

Termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes (kadar gula dalam darah naik), dan dispepsia (mag).

Ahli Penyakit Dalam RSU Andi Makkasau, dr Nurainah, mengingatkan masyarakat tetap menjaga pola makan dan olahraga secara teratur setelah banyak beraktivitas.

Saat hari raya Idulfitri, kata dia,  masyarakat banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mendung kadar gula yang tinggi. Masyarakat perlu menjaga pola makan agar badan tetap sehat dan bugar.

Menurut dr Nurainah, biasa usai lebaran banyak penyakit dalam mulai muncul atau kambuh kembali. Penyakit dapat kambuh terhadap penderita yakni hipertensi, diabetes dan dispepsia, setelah menikmati makanan berlemak dan kadar gula tinggi.

Akhir-akhir ini, kata dia, banyak menangani pasien menderita diabetes, hipertensi dan penyakit mag. Dia mengajak warga mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

“Libur lebaran tahun ini kan panjang, jadi banyak pasien yang tidak terkontrol pola makannya dan kehabisan obat, sehingga pasien yang datang check-up banyak penderita hipertensi, diabetes, dan dispepsia,” katanya. 5 Juli 2018.

Dokter Nurainah mengingatkan, masyarakat yang memiliki riwayat penyakit agar memeriksakan dirinya, atau melakukan check-up di rumah sakit atau layanan kesehatan terdekat.

“Masyarakat yang memiliki riwayat di keluarganya, juga berisiko, sehingga kita anjurkan untuk tetap melakukan pemeriksaan,” ingatnya.

Humas RSU Andi Makkasau, Mukaramah menambahkan, pasien rawat jalan untuk penderita diabetes dan kolesterol banyak pasca lebaran. (sps/rsudpare/pojoksulsel)