Beranda Sulsel Pemkab Luwu Timur Raih Opini WTP yang ke-6 Kali

Pemkab Luwu Timur Raih Opini WTP yang ke-6 Kali

POJOKSULSEL.com, LUWU TIMUR – Untuk ke enam kalinya, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) wilayah Sulawesi Selatan memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi pemerintah Kabupaten Luwu timur di Gedung BPK RI Makassar, Senin 28 Mei 2018.

Menurut Husler peredikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur memang sudah menjadi komitmennya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah dalam hal pengelolaan keuangan. Penghargaan ini katanya lagi, justru akan semakin mendorong pihaknya untuk mematuhi semua aturan perundang-undangan tentang keuangan daerah.

“Kami akan terus berupaya untuk mematuhi seluruh aturan tentang keuangan daerah, dan apa yang kami peroleh ini akan terus kami pertahankan bahkan akan kami tingkatkan,” ungkap Husler saat ditemui disela – sela acara.

“Ini murni hasil kerja keras kita semua, dan telah diperiksa secara profesional,” lanjut Husler.

Sebelumnya Kepala perwakilan BPK RI Sulawesi selatan, Widiyatmantoro Menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur kepada Bupati Luwu timur, HM Thorig Husler didampingi Ketua DPRD Luwu Timur, H Amran Syam.

Menurut Widyamantoro, Luwu Timur layak mendapatkan Opini WTP yang ke enam kalinya tersebut, karena dinilai telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan BPK untuk bisa mencapai predikat tersebut.

Kriteria tersebut, kata Widiyatmantoro, adalah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.

“Laporan Keuangan Daerah kabupaten Luwu timur dianggap telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh BPK dan memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian” ujar Widiyatmantoro usai menyerahkan LHP kepada Bupati Luwu timur, HM Thorig Husler.

Opini WTP kali ini melengkapi enam kali perolehan WTP Kabupaten Luwu Timur atas LKPD tahun 2011, LKPD Tahun 2012, LKPD tahun 2014, LKPD Tahun 2015, LKPD Tahun 2016, dan LKPD Tahun 2017.

Selain Bupati dan ketua DPRD Luwu Timur, penghargaan opini WTP ini juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Sekda, Bahri Suli dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Daerah Luwu Timur.
(tommy setiawan/pojoksulsel)