Beranda Sulsel Peringati WHD, Dinkes Parepare gelar Pemeriksaan Deteksi Dini THM

Peringati WHD, Dinkes Parepare gelar Pemeriksaan Deteksi Dini THM

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Dalam Memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Pemerintah kota Parepare melalui Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi dini resiko penyakit tidak menular, di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Jumat (18/5/2018). Kegiatan ini sendiri dibuka untuk masyarakat umum.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Parepare, Sriyanti Ambar mengatakan kegiatan yang diperingati setiap tanggal 17 Mei ini lebih mengutamakan pencegahan dibanding pengobatan.

Sriyanti juga menghimbau masyarakat untuk terus melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah resiko penyakit.

“Sebaiknya masyarakat rutin melakukan pemeriksaan. Karena, banyak orang yang kelihatannya baik-baik saja, tapi pada saat diperiksa ternyata beresiko. Seperti hipertensi ini, dikatakan Silent Killer karena memang tidak ada gejala, tapi setelah komplikasi dengan penyakit lain, baru terdeteksi” Ujar Sriyanti.

Dia mengungkapkan, selain tekanan darah, mereka juga melakukan beberapa tahapan pemeriksaan.

“Kita melakukan wawancara kepada peserta, apakah memiliki riwayat penyakit dan sebagainya. Kemudian kita melakukan pengukuran TB, BB, dan lingkar perut untuk menentukan indeks massa tubuh. Selanjutnya pengukuran gula darah dan kolesterol. Setelah itu dilakukan konseling dan edukasi” Paparnya.

Adapun upaya hipertensi kata dia, yaitu dengan pengendalian perilaku resiko dengan melakukan langkah CERDIK.

“Cek kesehatan secara berkala/rutin. Enyahkan rokok, Rutin beraktivitas fisik, Diet yang seimbang, dan Istirahat yang cukup, dan Kurangi stress,” ungkap Sriyanti. (sps/pemkotpare/pojoksulsel).