Beranda Sulsel RSUD Parepare Pertama Terapkan ‘Sisrute’ di Indonesia, Ini Keunggulannya…

RSUD Parepare Pertama Terapkan ‘Sisrute’ di Indonesia, Ini Keunggulannya…

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Managemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Parepare menjadi Rumah Sakit (RS) pertama di Indonesia yang memberlakukan program Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute).

Program yang diprakarsai Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo ini telah diadopsi Kementerian Kesehatan sebagai program nasional.

Sebagai RS pertama, tim RSUP Wahidin Sudirohusode melakukan evaluasi ke RSUD Andi Makkasau, beberapa waktu lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeny Sari mengatakan, kunjungan Direktur RSUP Wahidin Sudirohusodo untuk mengevaluasi kinerja sistem rujukan di RSUD Andi Makkasau sebagai RS pertama di Indonesia yang menjadi jejaring ‘Sisrute’ Wahidin Sudirohusodo.

“Evaluasi ini untuk melihat kinerja sistem rujukan di RSUD Andi Makkasau yang terintegrasi dengan RSUP Wahiddin Sudirohusodo sebagai pusat rujukan, seluruh RS Tipe B se-Sulselbar untuk Rujukan ke tingkat yg lebih Tinggi,” jelas Renny. Senin (14/5/2018).

Selain itu kata dia, dengan sistem tersebut juga terintegrasi dengan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di Parepare, termasuk RS Fatimah, RS Sumantri dan RS se-ajatapareng untuk menerima rujukan.

Lanjut Renny, ‘Sisrute’ ini sangat berguna bagi masyarakat dan pasien.

“Tujuannya untuk menjamin ketersediaan tempat di RS yang akan dituju dan kecepatan dalam persiapan pelayanan yang dibutuhkan,” paparnya.

Keunggulan program ini kata Renny, dapat memberi pelayanan maksimal kepada pasien agar tidak lagi menunggu tempat atau kamar, ketika tiba di rumah sakit.

“Intinya pihak rumah sakit sudah siap sebelum pasiennya tiba di tempat,” tutup dia. (sps/rsud pare/pojoksulsel)