Beranda Sulsel Pemda Lutra Gelar Bimtek Penyusunan Data Profil Desa

Pemda Lutra Gelar Bimtek Penyusunan Data Profil Desa

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Sabtu (12/5), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa Tahun Anggaran 2018 di Aula Hotel Lariz Wthree Lagaligo Makassar.

Bimtek ini dibuka Asisten Administrasi Umum, Muhammad Kasrum, dan diikuti 30 peserta dari seluruh desa yang belum pernah mengikuti kegiatan serupa. Hadir sebagai sebagai narasumber, Sekretaris PMD Provinsi Sulawesi Selatan.

Asisten Kasrum yang hadir mewakili Bupati Luwu Utara dalam sambutannya mengatakan, Bimtek Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat desa dalam menyusun profil desa/kelurahan.

“Bimtek ini juga bertujuan untuk membuka wawasan dan membangun kesepahaman dalam menyelenggarakan pembangunan di desa dan kelurahan,” ucap Muhammad Kasrum.

Kasrum optimis, dengan dilaksanakannya Bimtek ini, maka usaha memenuhi ketersediaan data yang akurat, seperti data dasar desa, potensi desa dan tingkat perkembangan desa, itu bisa diwujudkan.

“Ini juga sebagai rujukan yang valid dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah desa yang merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa. Data ini penting karena dengan data yang akurat, pimpinan dapat mengambil kebijakan dengan tepat,” tutur Kasrum.

Sebelumnya, Kepala PMD, Misbach, mengatakan, profil desa/kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa/kelurahan. Untuk itu, profil desa harus menyesuaikan perkembangan zaman.

“Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka desa dituntut untuk menyesuaikan diri dalam menyajikan pelaporan data secara daring. Saat ini telah teredia sistem informasi profil desa/kelurahan yang berbasis web. Aplikasi ini adalah media komunikasi antara pusat, daerah dan desa,” terang Misbah.

Lukman Hamarong
Humas Pemkab Luwu Utara