Beranda Makassar Lestarikan Permainan Tradisional, Disbud Makassar Gelar Lomba Egrang untuk Siswa SMP

Lestarikan Permainan Tradisional, Disbud Makassar Gelar Lomba Egrang untuk Siswa SMP

HERALDMAKASSAR – Puluhan siswa dari berbagai sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Makassar mengikuti lomba permainan tradisional egrang yang digelar oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) di Tribun Karebosi, Minggu (19/3/2023).

Lomba ini dilaksanakan oleh Disbud Kota Makassar sebagai upaya untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak sekaligus rangkaian festival bulan budaya ke-5.

Egrang dikenal juga sebagai Longga-longga dalam bahasa Makassar. Sejatinya ini permainan tradisional berdiri dan berjalan menggunakan galah bambu.

Setiap pemain harus bisa berjalan menggunakan bambu dan harus mempertahankan keseimbangannya untuk berjalan.

Sekretaris Disbud Kota Makassar, Muhammad Fadli menjelaskan tujuan dari perlombaan ini untuk merawat budaya dan juga menjadi ajang silaturahmi antar pelajar.

“Di event ini mereka bisa menyalurkan hobi dan bakatnya, saling mempererat persaudaraan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerapan Seni dan Budaya Disbud Kota Makassar, Irmayanti S.Hut., M.M mengatakan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi, permainan rakyat, permainan tradisional seperti ini sudah sangat susah didapati.

“Makanya Dinas Kebudayaan Kota Makassar hadir agar bagaimana melestarikan permainan tradisional, disini dihadirkan kembali permainan ini. Kedepannya nanti akan dibuat lomba yang lebih besar lagi dari lomba hari ini,” pungkasnya. (*)