Beranda Makassar PPTI Sulsel Gelar Sosialisasi Bahaya Penyakit TB, Wujudkan Eliminasi Zero TB Tahun...

PPTI Sulsel Gelar Sosialisasi Bahaya Penyakit TB, Wujudkan Eliminasi Zero TB Tahun 2030

HERALDMAKASSAR – Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi bahaya penyakit menular TB dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Kegiatan sosialisasi ini mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Kesehatan Nasional Kita Wujudkan Eliminasi Zero TB pada Tahun 2023 dan Wujudkan Pola Hidup Sehat Serta Lingkungan Bersih”.

PPTI Sulsel juga menghadirkan narasumber diantaranya dr. Eny membahasa tentang bahaya dan pencegahan penyakit TB. Ibu Anita dari Prodia (Ketua Sahabat Sampah Community) membahasa terkait bahaya dan cegah penyakit diabetes.

Kemudian hadir juga narasumber, Mita Rachmawaty, S. Sos (Amyra Rachma) membahas tentang pentingnya pilah dan kelola sampah rumah tangga.

Dalam sambutannya, Ketua PPTI Sulsel, Hj Riyanti Nazief mengatakan kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan mengingat TB adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan tergolong penyakit menular.

Menurutnya, Faktor resiko yang masih tinggi itu, pada umumnya dilatarbelakangi minimnya pengetahuan masyarakat tentang seluk beluk penyakit menular TB.

Riyanti pun berharap pada tahun 2030 mendatang tidak ada lagi penyakit TB di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan atau Eliminasi Zero TB 2030.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Hj Ratnawati Nurdin menyampaikan dengan adanya sosialisasi ini para peserta mampu memahami apa saja seluk beluk terkait penyakit menular TB.

Kata dia, dengan adanya pengenalan penyakit menular ini merupakan langkah awal untuk dapat membuat tindakan yang tepat dalam mengantisipasi berkembangnya penyakit TB.