Beranda Sulsel Monitoring APBD Sulsel, Cicu Harap Pemprov Anggarkan Dana Bos untuk Sekolah Swasta

Monitoring APBD Sulsel, Cicu Harap Pemprov Anggarkan Dana Bos untuk Sekolah Swasta

HERALDMAKASSAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Rachmatika Dewi melakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka Monitoring APBD Sulsel.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengawasan dari anggota Dewan Provinsi terhadap anggaran belanja daerah yang sudah berjalan di tahun 2023 ini.

Legislator dari Partai Nasdem yang akrab disapa Cicu membahas mengenai minimnya sekolah SMA Negeri di Makassar dan bantuan operasional sekolah bersama warg di Kelurahan Tabaringan, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Minggu (1/10/2023).

Menurut Cicu, di tahun ajaran baru 2023 ini banyak sekali keluhan dari masyarakat terhadap sekolah tingkat SMA di Kota Makassar yang masih minim.

Bahkan, ada satu kecamatan yang tidak memiliki SMA. Sehingga, para calon peserta didik tamatan SMP tidak lulus jalur zonasi akibat kuota penerimaan di SMA Negeri sangat terbatas.

Dirinya juga menyampaikan ada SMA Negeri yang masih minim infrastruktur sekolahnya seperti penambahan ruang kelas. Apalagi, jumlah SMP dan SMA tidak berbanding lurus.

“Lulusan SMP di Kota Makassar begitu banyak sehingga tidak bisa tertampung ke SMA Negeri,” ungkap Ketua Komisi D DPRD Sulsel ini.

Karena itu, Cicu berharap kepada pemerintah Provinsi bisa menyiapkan anggaran dana Bos (bantuan operasional sekolah) daerah terhadap sekolah swasta di Kota Makassar.

Hal tersebut, kata Cicu, menjadi solusi agar siswa lulusan SMP tidak terbebani masalah pembayaran sekolah di SMA swasta karena adanya dana Bos daerah yang dianggarkan. (*)