Beranda Makassar Cegah Kasus Stunting, Irwan Djafar Harap Ibu-ibu Beri ASI Eksklusif Kepada Anak

Cegah Kasus Stunting, Irwan Djafar Harap Ibu-ibu Beri ASI Eksklusif Kepada Anak

HERALDMAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Irwan Djafar menyebut dalam pemberian air susu ibu (ASI) secara ekslusif kepada anak merupakan salah satu faktor untuk melahirkan generasi yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Irwan saat menggelar Sosialisasi penyebarluasan Perda nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Eksklusif, di Hotel Grand Maleo Makassar, Kamis (28/9/2923).

“Perlu saya sampaikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu, ASI ini sangat penting diberi kepada anak kita utamanya bayi, karena merupakan air susu yang alami dari ibu,” ujarnya.

Oleh karenanya, kata Legislator Partai Nasdem dua periode ini, para ibu perlu menunaikan tanggung jawabnya untuk memberikan ASI eksklusif demi pertumbuhan anak yang berkualitas.

“Pemerintah kota tengah gencar mensosialisasikan pencegahan kasus stunting, dengan adanya Perda ini sangat membantu dalam memaksimalkan pemberian ASI eksklusif kepada anak,” jelasnya.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Bidang Keperawatan RSUD Daya Kota Makassar, Hasanuddin memaparkan bahwa ASI berpotensi bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

“Kemudian ASI juga dapat mencegah dari kasus stunting yang sering terjadi kepada bayi,” paparnya.

Yang terpenting, kata Hasanuddin, masyarakat atau khususnya ibu-ibu mengetahui apa itu ASI dan seperti apa manfaatnya bagi anak kedepan.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi menjelaskan ASI eksklusif sangat penting untuk pertumbuhan anak, meningkatkan kekebalan tubuh serta paling penting bisa mencegah stunting dengan ASI eksklusif.

Apalagi, kata Ketua Komisi D DPRD Sulsel yang akrab disapa Cicu ini, Provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu penyumbang angka stunting terbanyak di Indonesia.

“Karena hari ini pemerintah banyak sekali menggaungkan agar memaksimalkan pemberian ASI eksklusif kepada anak demi mencegah kasus stunting,” ungkapnya.

Menurut Cicu, keuntungan memberi ASI eksklusif kepada anak juga dapat mengurangi pengeluaran dalam membeli susu formula.

“Kita pasti akan lebih hemat, berikutnya banyak yang bilang juga jika diberikan ASI, maka anak kita pasti tingkat pertumbuhannya akan lebih bagus dan kuat,” pungkas Cicu.