Beranda Makassar Kukuhkan 401 Wisudawan, Rektor ITB Nobel: Upayakan Cari Pekerja, Bukan Lowongan Kerja

Kukuhkan 401 Wisudawan, Rektor ITB Nobel: Upayakan Cari Pekerja, Bukan Lowongan Kerja

HERALDMAKASSAR – Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel Indonesia menggelar Wisuda Program Sarjana XX dan Pascasarjana ke-XII yang berlangsung di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (8/8/2023).

Sebanyak 312 wisudawan berasal Mahasiswa Fakultas Pascasarjana dan 92 wisudawan sarjana berasal dari Mahasiswa Fakultas Teknologi dan Bisnis.

Dalam pidatonya, Rektor Institut Teknologi
dan Bisnis Nobel Indonesia, Badaruddin menyebut total wisudawan berjumlah 401 orang.

“Dari tiga progam studi dan saat ini telah menamatkan 4233,” sebutnya.

Dari jumlah tersebut, kata Badaruddin, diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan. Hal ini dikarenakan Nobel Indonesia terus menjawab dengan menghadirkan 7 Prodi baru.

Diantaranya, ada prodi Teknik Pertambangan, Pendidikan Teknologi dan Informasi, Sistem Teknologi dan Informasi, Teknologi Hasil Perikanan, Magister Manajemen dan Kewirausahaan, hingga Keuangan Publik.

“Setahun terakhir terasa geliat akademik dosen baik penelitian maupun pengabdian. Jika tahun lalu di kirim ke IPB mahasiswa, saat ini ada 5 mahasiswa yg dikirim merdeka belajar di politeknik Melbourne,” lanjutnya.

“Kedepan ITB harus melahirkan luaran yang khidmat. Karena itu saya meminta kepada lulusan sarjana ketika diluar sana jangan ada lagi yang cari lowongan kerja, tapi bagaimana mencari orang untuk dipekerjakan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI IX, Andi Lukman menambahkan gagasan yang dicanangkan oleh ITB Nobel Indonesia, dimana seluruh Mahasiswanya wajib memiliki badan usaha.

“Ini sebuah langkah yang bagus Mahasiswa selesai kuliah tidak menganggur lagi, malah mereka yang menyiapkan lapangan kerja,” tuturnya.

Dalam prosesi wisuda, agenda juga diwarnai dengan pemberian penghargaan Nobel Awad pendidikan kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.