Beranda Sulsel Gubernur Andi Sudirman Dorong Kemandirian Desa di Sulsel

Gubernur Andi Sudirman Dorong Kemandirian Desa di Sulsel

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendorong sinergitas program antara Pemerintah Provinsi, hingga ditingkat Pemerintah Desa.

Hal itu disampaikan Gubernur Andi Sudirman dalam silaturahminya bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulsel di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Minggu 28 Mei 2023.

“Kita mau melakukan sinergitas program Provinsi dengan Desa-Desa. Kita juga mendorong pengembangan Bumdes, Desa Wisata, dan kemandirian Desa,” ujarnya.

Dirinya berharap, kehadiran APDESI bisa mendukung program Pemerintah dalam upaya mewujudkan Sulawesi Selatan yang lebih baik.

“Kepala Desa adalah orang yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Olehnya itu, diharapkan APDESI berkontribusi aktif dalam pembangunan serta sebagai pelopor dan ujung tombak pemerintahan daerah. Baik dalam memberikan edukasi dalam mengentaskan stunting, gizi buruk, dan putus sekolah,” jelasnya.

Terlebih, Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman mendorong pengembangan desa wisata. Bahkan beberapa diantaranya, disupport melalui pemberian bantuan keuangan. Salah satunya, untuk mendukung revitalisasi kawasan wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros.

“Kita mendorong hadirnya Desa Wisata yang dapat dikembangkan. Dengan begitu, akan menggeliatkan perekonomian, yang muaranya akan membantu masyarakat sekitar,” pungkasnya. (*)