Beranda Sulsel Polda Sulsel Tampung Aspirasi Warga Lewat Program Jumat Curhat

Polda Sulsel Tampung Aspirasi Warga Lewat Program Jumat Curhat

HERALDMAKASSAR – Jajaran Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar program Jumat Curhat. Kegiatan ini diadakan di Sekertariat Badko HMI Jl. Prof Abdurahman Basalamah Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Jumat (10/2/2023).

Jumat curhat ini dihadiri langsung Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Al Afriandi, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol. Budi Haryanto, Dir Binmas Polda Sulsel, Kombes Pol H. A. Heru Santo, Kabid Propam Polda Sulsel, Kombes Pol Zulham Effendy, para PJU Polrestabes Makassar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Para Ketua OKP.

Dalam sambutannya, Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Al Afriandi mengapresiasi kegiatan jumat curhat yang bertujuan untuk mendengar aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan keamanan, ataupun instansi yang terkait untuk dilakukan perbaikan kedepannya.

Ini juga untuk mendengar langsung curahan hati (curhat) dan aduan warga, terkait dengan pelayanan kepolisian.

Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan, aduan dan keluhan warga.

“Kita sebagai pelayan masyarakat harus selalu mendengar keluhan mereka. Untuk itu, Jumat Curhat ini memang perlu untuk rutin diadakan,” ucapnya.

Pada kesempatan jumat curhat ini, Tokoh Masyarakat mengutarakan keluhannya terkait keamanan.

“Kami liat pak dari pengalaman kami bahwa fenomena yang terjadi di daerah kami bahwa pada saat jam Sholat khususnya pada jam 15.00 sampai 16.00 wita banyak pelaku kejahatan termasuk yang terjadi di rumah kami di bobol pada saat jam tersebut dan ada beberapa tempat juga terjadi kedajian yang sama dan waktu yang sama,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Kapolres Makassar Kombes Pol Budi Haryanto mengungkapkan pihaknya telah memerintahkan kamtibmas untuk memantau wilayah-wilayah yang rawan.

“Personil kami selalu siap dan kami memiliki Bhabinkamtibmas dan Mako Polsek yang terdekat, setiap Polsek juga sudah ada nomor yang bisa di hubungi jika ada sesuatu hal yang terjadi dan kami meminta agar Kapolsek mengaktifkan 24 jam nomor tersebut,” paparnya.

Budhi berharap, dengan digelarnya kegiatan Jumat Curhat, dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman terkendali dan lebih menciptakan lingkungan yang kondusif.

“Kami hadir disini agar masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, curhatan atau saran masukan kepolisian, supaya kami bisa tindaklanjuti segera,” tutupnya. (*)