Beranda Makassar Meski Hujan Deras, PPTI Sulsel Kunjungi Wilayah dan Korban Terdampak Banjir di...

Meski Hujan Deras, PPTI Sulsel Kunjungi Wilayah dan Korban Terdampak Banjir di Antang Manggala

HERALDMAKASSAR – Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Makassar akibat hujan terus-menerus membuat banyak masyarakat harus berhenti beraktivitas, bahkan banyak yang harus mengungsi ke tempat lebih aman.

Seperti yang terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Tepatnya di wilayah Antang blok 8 dan 10.

Banjir yang melanda wilayah tersebut memang selalu langganan tiap musim hujan datang. Hal itu membuat Pengurus Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Sulsel turut prihatin.

Ketua PPTI Sulawesi Selatan, Riyanti Nazief bersama pengurus PPTI lainnya mengunjungi para korban banjir di Antang blok 8 dan 10 Kecamatan Manggala.

Begitu pedulinya ketua PPTI bersama pengurusnya hingga hujan deras pun mereka tetap mengunjungi masyarakat yang terdampak banjir.

Kami datang melihat langsung korban banjir dan memberi edukasi tentang kesehatan. Karena saat ini musim hujan dan curahnya sangat tinggi, cuaca yang ekstrim seperti ini akan menimbulkan berbagai penyakit,” ujarnya.

Hal itu dilakukan Ketua PPTI Sulsel bersama pengurus lainnya Ida Rufaidah, Yuliana, Andi Dala Atika, Irma Iwan Tinri, sebab musim hujan yang terus menerus dan cuaca buruk membuat berbagai penyakit bisa menyerang warga.

“Dari itulah kami datang ke sini untuk memberikan edukasi kesehatan dan juga sedikit bantuan untuk teman-teman yang terkena banjir,” terangnya.

Sementara itu, Andi Dala Atiika mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan keadaan masyarakat yang ada di wilayah Antang Kecamatan Manggala.

“Karena setiap tahun mereka jadi langganan banjir. Sekiranya pemerintah bisa mendapatkan solusi agar keadaan seperti ini tidak berkepanjangan,” ungkapnya.

Irma Iwan Tinri juga menambahkan, pemerintah bersama stakeholder terkait harus saling bersinergi untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir berkepanjangan.

“Banyak sekali kerugian bahkan waktu mereka terbuang sia-sia akibat banjir. Makanya perlu solusi supaya masalah seperti ini bisa diatasi lebih dini di tahun-tahun akan datang,” jelasnya.

Bahkan, mereka juga sekaligus mengunjungi salah satu pengurus PPTI Sulsel, Hamrawati yang terkena dampak banjir.

“Saya beserta keluarga sangat berterima kasih dengan perhatian dari ibu ketua PPTI beserta teman-teman. Begitu baiknya, walaupun jauh dan hujan seperti ini mereka datang memberikan bantuan serta edukasi pentingnya menjaga kesehatan, memberantas atau mencegah Tuberkulosis atau TB secara dini,” ucapnya.