Beranda Makassar Kick Off Lomba Ide Bisnis, Kalla Institute Gelar Workshop Penulisan Proposal Bisnis

Kick Off Lomba Ide Bisnis, Kalla Institute Gelar Workshop Penulisan Proposal Bisnis

HERALDMAKASSAR – Kalla Institute menggelar workshop penulisan proposal ide bisnis kepada peserta dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan, Minggu (11/12/2022). Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan lomba ide bisnis yang wajib diikuti seluruh peserta. Workshop itu menghadirkan beberapa pembicara seperti Rektor Kalla Institute Syamril dan Ketua Lembaga Inkubator Bisnis Kalla Institute Taufan Gunawan.

Total sekolah yang berpartisipasi sebanyak 44 sekolah yang diwakili oleh 3 atau lebih siswa dan 1 guru pendamping. Total siswa yang akan beradu ide sebanyak 250 orang.

Lomba ide bisnis Kalla Institute dilatarbelakangi dari tingginya minat berbisnis pemuda khususnya di Sulawesi selatan. Kalla Institute sebagai kampus yang sangat berfokus pada bisnis dan teknologi berupaya mengambil peran dalam pembentukan karakter dan jiwa entrepreneur di kalangan pemuda se-sulawesi selatan.

Rektor Kalla Institute Syamril mengatakan dalam sambutanya bahwa kegiatan lomba ide bisnis merupakan komitmen Kalla Institute dalam mencetak pengusaha muda masa depan.

“Sebagai kampus yang berada dibawah naungan Kalla Group dan Yayasan Hadji Kalla kami tentu ingin berperan aktif dalam pengembangan SDM yang ada di Indonesia. Salah satu program yang kami buat dalam mewujudkan itu adalah dengan lomba ide bisnis. Hal ini tentu merupakan kompetisi yang sangat postif dan harapannya kegiatan ini akan menjadi langkah awal anak muda kita khususnya di Sulawesi selatan dalam menciptakan lapangan kerja yang baru serta peningkatan ekonomi yang berkelanjutan,” Tuturnya.

Sebelumnya Kalla Institute telah melakukan sosialisasi sejak bulan September ke berbagai sekolah guna mengajak dan menjaring calon peserta terbaik dari setiap sekolah. Perhelatan kompetisi ide bisnis akan berlangsung lama hingga januari tahun 2023.

Ketua Inkubator Bisnis Kalla Institute Taufan Gunawan menyebutkan bahwa workshop itu merupakan tahap awal dan kedepannya akan banyak agenda yang wajib diikuti oleh setiap peserta.

“Kegiatan kompetisi ide bisnis ini memiliki berbagai agenda. Selain workshop, para peserta nantinya akan mengikuti proses inkubasi, pitching serta pameran dan berlangsung hingga januari tahun depan,” Jelasnya.

“Kami berharap dari kegiatan lomba ide bisnis ini akan muncul bisnis bisnis baru yang bisa menguatkan perekonomian khususnya di Sulawesi selatan,” Lanjutnya.

Workshop penulisan proposal bisnis dilakukan secara daring via zoom dengan memberikan materi dalam pembuatan proposal bisnis yang baik dan benar.